JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Semarang

3 Pejabat Pemkot Semarang Positif Covid-19 Tanpa Gejala, Kasatpol PP Kota Semarang Fokus Tingkatkan Imunitas

Kepala Satpol PP Kota Semarang Fajar Purwoto memberikan keterangan kepada wartawan sebelum terkena covid-19. Satria Utama

SEMARANG, JOGLOSEMARNEWS.COM – Serangan penyebaran virus corona (Covid-19) di Kota Semarang menimpa para pejabat pemerintah setempat. Hal itu membuktikan bahwa pemberlakuan New Normal oleh pemerintah tidak berarti penularan wabah Corona di Kota Semarang berhenti.

Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi kepada wartawan mengungkapkan, sebanyak tiga pejabat struktural yakni seorang Kepala Dinas, seorang Camat dan sekretaris kecamatan telah dinyatakan positif terinfeksi Covid-19. Hendi menyebut tiga pejabat tersebut masuk katogori orang tanpa gejala (OTG). Sebelumnya mereka dalam kondisi sehat, namun saat dilakukan test ketiganya dinyatakan positif.

“Teman-teman di lingkungan Pemkot Semarang kami tiga yang terkena (terinfeksi covid-19). Ketiganya yakni kepala dinas, satu camat, dan satu sekcam,” terang Hendi, Rabu (3/6/2020).

“Kami sedang telusuri keluarganya termasuk lingkup kerjanya apakah mereka kemudian aman atau mata rantai masih sangat panjang,” sambung dia.

Menurut Hendi, tiga pejabat tersebut masuk katogori orang tanpa gejala (OTG). Sebelumnya mereka dalam kondisi sehat, namun saat dilakukan test ketiganya dinyatakan positif. Hasilnya ternyata tidak saja pasien, namun, keluarganya pun ada yang terkonfirmasi positif Covid-19. “Mereka yang tertular dimungkinkan terkena saat mereka melakukan kegiatan dinas selama pandemi.,” jelas dia.

Baca Juga :  Pembangunan Kampung Keluarga Berkualitas di Blora Terus Dipacu

Hendi menambahkan, pihaknya terus memotivasi tiga pejabat yang positif tersebut. Saat ini, tiga pejabat ini tengah menjalani isolasi. “Pemerintah Kota Semarang pun langsung melakukan tracking terhadap pejabat lingkungan Pemkot Semarang. Selasa, petugas Dinas Kesehatan Kota Semarang melakukan swab test terhadap 250 pejabat eselon 2 dan 3,” imbuh dia.

Seperti diketahui, tiga pejabat tersebut ada yang masuk pasien dalam pengawasan (PDP) dan orang dalam pengawasan (OTG). Mereka adalah Kepala Satpol PP Fajar Purwanto, Camat Semarang Timur Nurul Hidayati dan Sekretaris Kecamatan Gayamsari Triyoga.

Terpapar Covid-19, Kasatpol PP Kota Semarang Fokus Tingkatkan Imunitas

Seperti diketahui, satu di antara tiga pejabat Pemerintah Kota Semarang yang dinyatakan positif Covid-19 merupakan Kepala Satpol PP Kota Semarang Fajar Purwoto. Kuat dugaan, Fajar tertular Covid-19 saat dirinya kerap kali berinteraksi dengan masyarakat saat bertugas melakukan patroli penertiban penanganan Covid-19 di wilayah Kota Semarang.

Melalui siaran video dari Fajar yang diterima, Rabu (3/6/2020), saat ini dirinya tengah fokus sedang menjalani karantina mandiri di rumahnya dengan status orang tanpa gejala (OTG) karena kondisinya sehat.

Baca Juga :  Jumlah Kasus Covid-19 di Blora Bertambah 2, Jumlah Total 370 Kasus

“Saya tidak takut, saya sehat. Jadi enggak usah takut. Status saya OTG karena rentan sekali bersinggungan dengan masyarakat saat melakukan penertiban di sejumlah wilayah di Kota Semarang,” terang dia.

Fajar menjelaskan lebih lanjut, saat menjalani karantina di rumah , dirinya melakukan berbagai aktivitas untuk meningkatkan imunitas agar kondisi terus membaik tentunya penerapan protokol kesehatan.

“Yang terpenting saat ini kita menikmati masa isolasi diri di rumah , ketemu anak dan istri, istirahat tidur yang cukup dan nyanyi-nyanyi agar jiwa dan raga merasa nyaman dan selalu bahagia,” katanya.

“Hanya dengan berpikir positif dan tetap semangat, kata Fajar, akan mampu menghalau Covid-19, tentunya juga menerapkan disiplin sesuai dengan pembatasan kegiatan masyarakat (PKM),” kata dia.

“Yang penting semangat, jangan berpikir negatif. Kalau kita berpikir positif, Insya Allah akan mendapatkan kesembuhan,” imbuh dia.

Fajar juga memastikan seluruh anggota Satpol PP juga sudah menjalani swab test massal guna mencegah penularan Covid-19. “Sudah dilakukan swab test kepada seluruh anggota. Mudah-mudahan dapat mencegah penularan. Pokoknya terus semangat, aku aja semangat terus,” imbuh dia. Satria Utama