JOGLOSEMARNEWS.COM Nasional Semarang

Gubernur Ganjar Kembali Bangun Optimisme Pasien Covid-19 yang Masih Dikarantina

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo menyambangi Rumah Dinas Wali Kota Semarang yang dijadikan Rumah Isolasi COVID-19, Kamis (25/6/2020) pagi. Humas Pemprov Jateng
surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id

SEMARANG, JOGLOSEMARNEWS.COM – Dampak pandemi corona virus disease 2019 (covid-19) tidak hanya dirasakan dari sisi kesehatan atau tingkat kematian, namun juga terhadap psikologis bagi warga di mana saja, termasuk di Indonesia. Dampak pandemi ini juga memiliki pengaruh besar terhadap kesehatan mental, terutama para penderita yang telah terpapar virus corona.

Terlebih pada pasien yang menjalani pemeriksaan intensif terkait Covid-19 harus mendapat pendampingan secara psikologis. Pendampingan tersebut diperlukan untuk mengembalikan kondisi mereka di masa perawatan hingga pemulihan.

Hal itulah yang mendasari Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo menyambangi Rumah Dinas Wali Kota Semarang yang dijadikan Rumah Isolasi COVID-19, Kamis (25/6/2020) pagi. Di sana ia menyapa dan memberi semangat para pasien yang di karantina yang sedang berolahraga.

Baca Juga :  Petugas Gabungan Semarang Fokus Awasi Protokol Kesehatan di Sektor Industri

“Semangat! Semangat Ya! Tambahi lari-lari,” kata Ganjar saat mampir Rumah Isolasi COVID-19 Kota Semarang di sela aktivitas rutin gowes keliling kota.

Sebelumnya, Ganjar berangkat gowes dari Rumah Dinas Puri Gedeh sekitar pukul 06.00 WIB. Setelah melewati rute jalan raya dan gang kampung, sekitar pukul 06.50 rombongan Ganjar sampai di Jalan Abdulrahman Saleh, tepatnya di depan Rumah Isolasi COVID-19 Kota Semarang. Sesampainya di sana, Ganjar langsung berhenti dan masuk untuk melihat aktivitas di dalamnya.

“Rumah Dinas Wali Kota (Semarang) ini disulap untuk menjadi rumah singgah (isolasi) COVID-19. Jadi ada tenda yang didirikan untuk yang ODP dan PDP,” terang Ganjar.

Baca Juga :  Peran Swasta dalam Tangani Covid-19 Dapat Apresiasi Gubernur Jateng

Saat Ganjar tiba, di halaman Rumah Isolasi terdapat puluhan orang dari anak-anak sampai dewasa yang sedang berolahraga. Di sudut lain Ganjar juga melihat ada yang sedang bermain bola, tepatnya di samping tenda.

“Mereka yang PDP kita lihat, sedang olahraga. Anda lihat semua penuh semangat,” ujarnya.

Ganjar juga mendoakan agar lekas sembuh dan dapat kembali beraktivitas seperti sediakala.

“Kita doakan semuanya lekas sembuh karena di sini mereka diajari hidup sehat dan dijamin semua kepentingannya,” pungkas Ganjar sebelum meninggalkan Rumah Isolasi untuk melanjutkan gowes. Satria Utama