JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Menengok Aksi Mulia Yayasan Pendopo Wiryo Soemarto Sragen. Digawangi Tokoh-tokoh Sragen, Tergerak Bantu Sembako Ratusan Yatim Piatu dan Dhuafa di 11 Kampung Terdampak Pandemi Covid-19

Foto/Wardoyo
surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id
Foto/Wardoyo

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM – Pandemi covid-19 atau corona virus, menggerakkan berbagai elemen untuk menggalang kepedulian dalam berbagai bentuk.

Salah satunya, Yayasan Pendopo Wiryo Soemarto Sragen. Yayasan yang bergerak di bidang sosial dan berpusat di Duyungan, Sidoharjo, Sragen itu menunjukkan kepeduliannya dengan menggelar bhakti sosial.

Bhakti sosial bertajuk Peduli Corona di Bumi Sukowati itu digelar serentak di 11 kampung di berbagai kecamatan di Kabupaten Sragen.

Bhakti sosial dipusatkan di Sekretariat 1 Yayasan Pendopo Wiryo Soemarto Sragen yang berlokasi di Desa Duyungan RT 11 / 03, Sidoharjo, Sragen, belum lama ini.

Kegiatan tersebut dipimpin langsung oleh Ketua Umum Yayasan, Mayor Chk M. Yanu Wiryatmo, Staf Pengadilan Militer Utama Mahkamah Agung RI dan dihadiri jajaran pengurus.

“Sasaran bhakti sosial adalah masyarakat yatim piatu dan dhuafa di wilayah Sragen. Dari yayasan, menggalang donasi untuk memberikan kepedulian dalam bentuk sembako kepada yatim piatu dan dhuafa,” papar Mayor Yanu, kepada JOGLOSEMARNEWS.COM , Kamis (4/6/2020).

Baca Juga :  Jam Komandan Perdana,  Dandim Sragen Mendadak Minta Diputarkan Film Kartun Gerobak. Ternyata Pesannya Sangat Menyentuh, Soal Rumahtangga dan Hidup Sederhana! !

Ia menguraikan baksos itu dibagikan kepada yatim piatu dan dhuafa di 11 kampung. Di antaranya Sambung Macan, Mungkung, Jetak, Duyungan, Jasem, Kaponan, Karangkepoh, Karangpelem, Gerdu, Sengon dan Sukorejo.

Menurutnya, giat baksos itu digelar lantaran yayasan merasa terpanggil untuk membantu kesulitan warga dhuafa dan yatim piatu utamanya di Sragen yang terdampak pandemi covid-19.

“Harapannya melalui baksos ini, apa yang yayasan berikan setidaknya bisa meringankan beban warga yang membutuhkan. Sehingga bisa memberi kemanfaatan bagi masyarakat di tengah situasi sulit pandemi saat ini,” urainya.

Foto/Wardoyo

Mayor Yanu menyampaikan baksos sembako itu merupakan rangkaian dari kegiatan baksos peduli corona yang sebelumnya sudah diawali dengan kegiatan lain.

Yakni para pengurus membagikan masker di pasar dan lapangan Nguwer, Desa Duyungan, Sidoharjo.

Baca Juga :  Bupati Karanganyar Wacanakan KBM Tatap Muka, DPRD Usul Diformat Pakai Modul. Kadisdik Sebut Baru Rumuskan Format Pembelajaran

Kegiatan baksos itu juga dihadiri Muspika Sidoharjo di antaranya Camat Sidoharjo sebagai penanggung jawab gugus tugas di wilayah Kecamatan Sidoharjo bersama Danramil dan Kapolsek, serta Kades Duyungan.

Sementara jajaran pengurus yang hadir di antaranya Ketua Yayasan, Aris Sugeng Sutanto-Guru SMA I Sragen, Pamungkas Kepala TU RSU Sragen, Langgeng dari swasta, Kapten Inf Suwandi Danramil Sambirejo Sragen, dan Sekretaris Ariyanto, Staf Pemda Sragen.

Kemudian hadir pula Pembina dan Penasehat Yayasan, Mayjen TNI (Purn) Mulyono, Hartono – Guru SMP 1 Kedawung, Daryanto – Swasta, Bambang Hallo, Giyarto- Manager CV Lempung Mas Masaran, Darmawan Dawangan dan Subroto Sengon.

“Yayasan ini memang dirintis dengan ruang gerak untuk kegiatan bidang sosial, agama pendidikan dan kemasyarakatan,” tandas Mayor Yanu. Wardoyo