JOGLOSEMARNEWS.COM Nasional Jogja

Pernah Jalani Pendidikan di Sukabumi, Delapan Siswa Sekolah Polisi di Yogya Terpapar Covid-19

Ilustrasi melawan virus corona. Pixabay/Ahmad Triyawan
   

YOGYAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM  –
Sebanyak delapan orang siswa sekolah kepolisian terpapar virus Covid-19, Jumat (12/6/2020). Demikian laporan dari
Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Yogyakarta.

“Hasil pemeriksaan laboratorium dan terkonfirmasi positif pada hari ini ada 10 kasus positif,” ujar Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 DIY, Berty Murtiningsih, Jumat (12/6/2020).

Dari 10 kasus itu, delapan orang di antaranya adalah siswa yang sebelumnya sempat mengikuti pendidikan kepolisian di Sekolah Pembentukan Perwira (Setukpa) Lembaga Pendidikan dan Pelatihan (Lemdiklat) Polri di Sukabumi. Mereka terinfeksi sebagai orang tanpa gejala (OTG).

“Jadi setelah pulang dari Sukabumi lalu lanjut (pendidikan) ke SPN (Sekolah Polisi Negara) di Selopamioro, Kecamatan Imogiri, Bantul,” ujar Berty.

Baca Juga :  Hendak Tawuran dengan Sajam dan Bom Molotov, Lima Remaja Asal Bantul Diamankan Polisi

Kepala Bidang Humas Polda DIY Komisaris Besar Yuliyanto membenarkan ihwal delapan siswa kepolisian yang terinfeksi Covid-19 itu.

Yuli menuturkan awalnya ada 19 siswa sekolah inspektur polisi (SIP) yang baru kembali dari Sukabumi. Setelah mereka sampai di SPN Selopamioro, Bantul, mereka kemudian mengikuti rapid tes. Hasilnya 14 non reaktif dan 5 reaktif. Dari 5 reaktif dilakukan swab hasilnya negatif semua.

Namun, kemudian ada rapid test tahap kedua dua pekan lalu untuk menindaklanjuti tes cepat tahap pertama. Hasil tes cepat tahap kedua ini 16 siswa non-reaktif dan tiga siswa reaktif.

Baca Juga :  Diduga Hendak Berbuat Kriminal, Remaja Yogya Ini Panik dan Lari Tinggalkan Motor Begitu Saja

Tiga siswa yang reaktif ini kemudian diuji swab dan hasilnya satu siswa positif serta langsung diisolasi dan dirawat di Rumah Sakit Bhayangkara Yogya. Saat ini satu siswa polisi yang diketahui positif itu sudah sembuh.

Karena ada satu siswa positif Covid-19, rapid test tahap ketiga pun digelar lagi pada para siswa polisi itu. Pada rapid tes ketiga inilah ditemukan 9 siswa reaktif dan 11 lainnya tidak reaktif. Dari 9 siswa yang reaktif dilanjutkan test swab dan hasilnya 8 siswa positif.

“Saat ini semua siswa yang positif sudah diisolasi dan dirawat di RS Bhayangkara,” ujar Yuli.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com