JOGLOSEMARNEWS.COM Sport

20 Tahun Bela Timnas dan Rajai Tunggal Putra, Legenda Bulu Tangkis China Lin Dan Umumkan Pensiun

Lin Dan. Foto/Facebook.com

IMG 20200704 203532
Lin Dan. Foto/Facebook.com

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM Legenda bulu tangkis, Lin Dan, secara mengejutkan mengumumkan pengunduran dirinya dari tim nasional badminton China dan resmi pensiun.

Pengumuman itu disampaikan Lin Dan melalui akun media sosial Weibo miliknya, Sabtu (4/7/2020).

“Sejak tahun 2000 hingga 2020, setelah 20 tahun, saya harus mengucapkan selamat tinggal kepada tim nasional. Bukan hal yang mudah untuk mengungkapkan ini,” tulis Lin Dan dikutip Xinhua.

Pengumuman itu turut dipertegas pernyataan Asosiasi Badminton China, yang mengatakan bahwa Lin Dan telah secara resmi mengajukan formulir pensiunnya sejak beberapa hari sebelumnya.

Baca Juga :  Hasil Perempatfinal Leg 2 Liga Champions, Sama-sama Kalah, PSG dan Chelsea Tetap Melenggang Dramatis ke Semifinal!

Mempertimbangkan pilihan Lin Dan serta kondisinya saat ini, tim nasional bulu tangkis China akhirnya menyetujui keputusan pensiun pemain andalannya itu.

Selama 20 tahun karirnya bersama timnas China, pebulu tangkis yang mendapat julukan “Super Dan” itu tercatat pernah dua kali meraih medali emas Olimpiade pada 2008 di Beijing dan 2012 di London.

Lin Dan juga mengoleksi lima medali emas dan satu perak di kejuaraan dunia BWF, semuanya untuk tunggal putra.

Baca Juga :  Depak FC Porto, The Blues Chelsea Tunggu Pemenang Duel Panas 2 Raja Liga Champions Real Madrid VS Liverpool Dinihari Nanti!

Lin Dan yang kini berusia 36 tahun itu juga disebut sebagai satu dari empat pebulu tangkis tunggal putra yang dijuluki generasi emas dunia, bersama dengan Taufik Hidayat, Lee Chong Wei, dan Peter Gade.

Dengan pensiunnya Lin Dan, maka era generasi emas bulu tangkis dunia resmi berakhir karena tiga rivalnya sudah lebih dulu gantung raket. Perdana