JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Semarang

4 Orang dalam 1 Keluarga di Magelang Positif Terjangkit Covid-19

Ilustrasi positif virus corona atau Covid-19. Pixabay
surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id

MAGELANG, JOGLOSEMARNEWS.COM – Wabah corona virus disease 2019 (covid-19) menggema di Kabupaten Magelang. Satu keluarga di Kecamatan Mertoyudan terjangkit covid-19. Dalam satu keluarga tersebut terdapat empat orang. Kesemuanya dinyatakan terkonfirmasi positif covid-19 pada Jumat (10/7/2020) lalu.

Data yang dihimpun secara detail menyebutkan, empat anggota keluarga terjangkit covid-19, yakni pria berusia 72 tahun dan 14 tahun. Selanjutnya dua perempuan masing-masing berusia 63 tahun dan 9 tahun.

Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Magelang, Nanda Cahyadi Pribadi, mengungkapkan, dari hasil tracing yang dilakukan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, mereka terpapar dari anaknya yang bepergian dari Jakarta.

“Selain bepergian dari Jakarta, anaknya itu sebelumnya juga pernah menjalani perawatan di RSUD Tidar karena covid-19. Namun setelah beberapa waktu menjalani perawatan intensif, sudah dinyatakan sembuh setelah hasil dari dua kali swab terakhirnya dinyatakan negatif,” katanya, kemarin.

Baca Juga :  Geger Mayat Kakek 95 Tahun Ditemukan Mengambang di Kolam Ikan Desa Beji. Saat Ditemukan Dalam Kondisi Begini

Dengan tambahan empat orang pasien positif ini, kata Nanda, jumlah pasien positif yang dirawat menjadi tujuh orang dari tiga orang sebelumnya.

“Kini jumlah kumulatif pasien positif di kabupaten magelang, menjadi 149 orang. Rinciannya, tujuh dirawat, empat meninggal dan 138 sembuh,” lanjutnya.

Selain tambah empat positif, di hari yang sama juga terdapat penambahan dua orang Pasien Dalam Pengawasan (PDP). Keduanya merupakan warga Kecamatan Sawangan. Namun demikian, ada empat orang PDP yang sembuh. Mereka berasal dari Kecamatan Salam, Grabag, Srumbung, dan Pakis.

“Dengan tambahan dua (orang PDP) baru dan empat (orang) sembuh, jumlah kumulatif PDP menjadi 300 orang. Terdiri dari delapan (orang) dirawat, 36 (orang) meninggal dan 256 (orang) sembuh,” jelasnya.

Untuk Orang Dalam Pemantauan (ODP), kini jumlahnya tinggal delapan orang yang masih dalam pemantauan.

Baca Juga :  Wali Kota Semarang Terus Dorong Penguatan Sektor Budidaya Ikan

“Untuk yang dirawat di rumah sakit, kini ada 14 orang. Terdiri dari dua orang di RSUD Tidar, RSJ Soerodjo ada tiga orang, empat orang di RSUD Muntilan, tiga di RS Merah Putih dan masing-masing satu orang dari RST Soedjono serta RSUP Kariadi,” ungkapnya.

Dengan masih adanya jumlah pasien terkonfirmasi positif dan PDP itu, menandakan jika virus Corona di Kabupaten Magelang masih ada. Untuk itu, pihaknya terus meminta masyarakat agar tetap mematuhi protokol kesehatan. Yakni melakukan pengecekan suhu tubuh, memakai masker, mencuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer, menjaga jarak minimal satu meter dan menghindari kerumunan.

“Hal lainnya, mengkonsumsi makanan bergizi, olahraga yang cukup dan minum vitamin serta menjaga daya tahan tubuh,” pungkasnya. Satria Utama