JOGLOSEMARNEWS.COM Panggung Artis

Diminta Jokowi Ikut Kampanyekan Protokol Kesehatan Cegah Covid-19, Ari Lasso hingga Atta Halilintar Kompak Unggah Postingan Ini

Gabungan foto artis yang menghadiri undangan Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan, Selasa (14/7/2020). Foto: Kolase Instagram

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM Sejumlah artis, selebritas, hingga YouTuber kompak mengunggah sebuah postingan senada, Selasa (14/7/2020).

Mulai dari artis Raffi Ahmad, Gading Marten, Andre Taulany, musisi Ari Lasso, Desta, hingga YouTuber dengan 24 juta lebih subscriber, Atta Halilintar, mengunggah foto dengan Presiden Joko Widodo.

Foto bersama dengan orang nomor satu di Indonesia itu diunggah para artis di akun Instagram mereka masing-masing.

Tak hanya sama-sama mengunggah foto dengan Jokowi, para selebritas itu juga menuliskan keterangan foto yang senada, yakni mengingatkan akan pentingnya mematuhi protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Musisi Ari Lasso mengajak follower-nya di Instagram untuk terus berkarya meski di tengah pandemi dengan tetap mengutamakan menjaga kesehatan, memakai masker, dan menjaga jarak.

“Ayo kita tetap aktif, kreatif dan terus berkarya selama hal tersebut positif..TAPI YANG TERPENTING ADALAH KITA TETAP HARUS MENJAGA KESEHATAN, MENGIKUTI PROTOKOL, SELALU PAKAI MASKER DAN TETAP MENJAGA JARAK…” tulis Ari Lasso di akun Instagramnya, @ari_lasso, Selasa (14/7/2020).

Komedian yang juga mantan musisi, Andre Taulany juga mengunggah foto bersama presiden RI, dengan menambahkan ajakan mematuhi protokol kesehatan di bagian keterangan foto.

“Ayo sama sama kita berselancar di gelombang ombak pandemi ini ya pak .. Ombak Besar jangan dilawan tapi kita belajar dan beradaptasi dengan ombak tsb sehingga kita bs berselancar dengan cantik diatas ombak.”

“Tetap lakukan protokol kesehatan dan tingkatkan kesadaran dan disiplin kita, Bismillah kita bisa bersama2 melewati pandemi ini, Aamiin,” tulis pemilik akun Instagram @andreastaulany itu.

Begitu juga dengan Gading Marten, Rafi Ahmad, Desta, Atta Halilintar, hingga Butet Kertaradjasa, yang mengunggah foto berdua dengan Presiden Jokowi.

Para artis tersebut rupanya memang secara khusus memenuhi permintaan Presiden Jokowi untuk ikut mengkampanyekan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 kepada masyarakat.

Mereka sebelumnya telah diundang ke Istana Kepresidenan dan berdialog dengan presiden seputar dampak pandemi Covid-19 terhadap insan seni.

“Pak Presiden mengharapkan kami, kawan-kawan dari dunia seni untuk membantu pemerintah mengartikulasikan pemikiran-pemikiran strategis dari pemerintah dalam konteks menyelamatkan bangsa ini dari ancaman pandemi,” kata Butet di Kompleks Istana Kepresidenan, Selasa (14/7/ 2020).

View this post on Instagram

MONOLOG GARINGAN. Udah lama nggak dapet job monolog garingan, eh kemarin siang ditimbali Pak Jokowi. Mendengarkan apa yang beliau gelisahkan, pikirkan, solusi dan harapan2 penyelesaian wabah pandemi Covid19. Dan kemudian, mumpung duduk berseberangan satu meter di hadapan orang nomer satu yang menentukan kebijakan negeri ini, saya terpaksa monolog garingan. Tanpa skenario. Njeplak sebisanya, mengalirkan pikiran. Pertama saya yakinkan kepada presiden, manusia-seni itu banyak ragam dan jenisnya. Bukan hanya model seniman yang kali ini hadir di istana, yang kebanyakan artis2 populer yang wajahnya kerap nongol di televisi. Banyak seniman yang tidak mengharuskan wajahnya dikenal dan terkenal, misalnya seniman perupa, sastrawan, seniman2 tradisional, penari, pemain instrumen musik, kru supporting pertunjukan seni, penulis kreatif dll. Semuanya ini juga perlu disapa dan ditolong. Negara juga harus hadir kepada manusia2 seni yang sedang dan akan terkapar dihajar wabah pandemi. Pasti banyak cara dan strategi mewujudkan keinginan presiden, sebagai bentuk nyata kehadiran negara. Cara pragmatis jangka pendek, maupun jangka panjang mengingat kita sama2 nggak tahu kapan pandemi ini berakhir. Saya sih cuma menceritakan ikhtiar kecil, bagaimana membangun basis ekonomi ke sektor riel. Bercocok tanam. Tanpa meninggalkan aktivitas seni kreatif, bersama beberapa seniman mulai menanam singkong-gembong, lemon, anggur, empon2, sayur mayur, ceplukan, terong, cabe dll. Apakah semua ini akan berhasil? Ya ndak tahu. Lha wong namanya juga usaha. Lha trus, di mana negara akan hadir dan berperan? Di sinilah sejumlah pe-er sengaja saya tinggalkan kepada para menteri terkait. Semoga orang2 muda kreatif, tangkas, punya ide2 ‘out of the box’, dan kebetulan sedang punya kuasa jadi pembantu presiden, bisa segera menjawabnya dengan kebijakan dan tindakan kongkret menyelamatkan manusia2-seni se Indonesia. Lalu, berakhirlah monolog garingan saya. Selesai ngomyang, ning ra bayaran. Konsisten nir income. Uasuwoook

A post shared by Butet Kartaredjasa (@masbutet) on

Sebelumnya, Presiden Jokowi melalui akun media sosial di Instagram juga mengungkapkan keprihatinannya terhadap kurangnya kesadaran masyarakat dalam mematuhi protokol kesehatan di masa pandemi.

Jokowi mengungkap hasil survei di salah satu provinsi yang menyebut hanya 30 persen warga yang menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah dan sisanya berkegiatan seolah tidak ada pandemi.

“Kalau sudah begini, bagaimana angka positif kasus Covid-19 tidak menjadi tinggi?” tulis Jokowi di Instagram.

Pemerintah disebut juga sedang mewacanakan untuk membuat aturan sanksi bagi warga yang tidak mematuhi protokol kesehatan di masa pandemi, berupa denda, kerja sosial, atau tindak pidana ringan (Tipiring).

Baca Juga :  Baru Terungkap, Ustadz Muda Sragen Habib MA Yang Meninggal Terpapar Covid-19 Ternyata Punya Penyakit Penyerta Ini. Bupati Kaget Karena Mendiang Tidak Merokok, Warga Sebut Rajin Olahraga!