JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Eks Anak Buah Edhy Prabowo: Ada Perusahaan Ancang-ancang untuk Nambang Pasir Laut

Chalid Muhammad / tempo.co
   

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM  – Eks anak buah Menteri Kelautan dan Perikanan, Edhy Prabowo yang juga aktivis lingkungan, Chalid Muhammad menengarai adanya perusahaan yang sudah ancang-ancang bakal menambang pasir laut.

Chalid Muhammad yang sudah mengundurkan diri dari Tim Komisi Pemangku Kepentingan dan Konsultasi Publik Kementerian Kelautan dan Perikanan bentukan Menteri Edhy Prabowo  itu mengingatkan agar Edhy tak meloloskan rencana itu dengan memberikan izin kepada perusahaan.

“Kami berharap Menteri KKP dapat mempertahankan kebijakan pelarangan penambangan pasir laut karena dampak yang ditimbulkannya lebih besar daripada manfaat ekonomi,” ujar Chalid, Jumat (17/7/2020) petang.

Baca Juga :  Antisipasi Situasi Geopolitik dan Dampak Ekonomi Usai Serangan Iran ke Israel, Ini Strategi yang Diambil Menkeu Sri Mulyani

Chalid belum berkenan membeberkan nama perusahaan tersebut. Ia juga belum mengetahui apakah rencana perusahaan itu sudah disampaikan kepada Edhy atau belum.

Saat ini, sejumlah pemerintah daerah sudah memiliki aturan tentang penambangan pasir laut. Sedangkan pemerintah pusat melalui Instruksi Presiden pada 2002 lalu juga sudah mengatur pengendalian penambangan pasir laut untuk kelestarian ekosistem.

Baca Juga :  Putusan Sengketa Pilpres 2024, Tinggal Menunggu Hati Nurani dan Keberanian MK

Chalid sebelumnya telah menyampaikan permohonan pengunduran dirinya dari Wakil Ketua Umum Bidang Konservasi dan Keberlanjutan Komisi Pemangku Kepentingan dan Konsultasi Publik Kementerian Kelautan dan Perikana.

Dia mengatakan ada beberapa alasan yang melatari, Salah satunya, Chalid memandang perlu ada pemisahan kelembagaan antara Komisi Pemangku Kepentingan dan Tim Konsultasi Publik KKP.

“Konsultasi Publik sebaiknya dijalakan oleh mereka yang memiliki keahlian The Art of Facilitation dan berpegang pada prinsip content neutral,” katanya.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com