JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Gara-gara Api Sampah Tetangga, Rumah Jamal Asal Karangmalang Sragen Dilalap si Jago Merah. Korban Panik Menyelamatkan Diri, Warga Juga Berhamburan Bantu Pemadaman

Ilustrasi kebakaran / tribunnews
Ilustrasi kebakaran / tribunnews

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM – Kebakaran melanda Kampung Tempel, Kroyo, Karangmalang, Sragen, Rabu  (22/7/2020) dinihari.

Gegara sampah bakaran tetangganya, Jamal (51) warga Kampung Tempel, RT 09, Kelurahan Kroyo, Karangmalang, harus menerima apes.

Rumahnya sebagian ludes terbakar setelah sisa api bakaran sampah tetangganya merembet dan membakar rumahnya.

Beruntung tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut. Namun kerugian material diperkirakan mencapai jutaan rupiah.

Data yang dihimpun di lapangan, kobaran api diketahui kali pertama pukul 23.55 WIB. Menurut keterangan warga, saat itu pemilik rumah sedang beristirahat.

Saat hendak tidur, mendadak ia dikejutkan dengan suara gemuruh dan hawa panas dari rumah belakang. Sejurus kemudian, api berkobar melahap bangunan dapur milik korban.

Baca Juga :  Geger Mayat Pria Ditemukan Tergeletak di Persawahan Desa Jurangjero Karangmalang Sragen. Saat Ditemukan Dalam Kondisi Begini!

Konstruksi rumah dapur yang ditopang kayu dan bambu membuat kobaran api makin menjadi. Hal itu membuat korban panik dan kemudian keluar menyelamatkan diri serta meminta tolong.

Bersamaan itu, warga juga panik melihat kobaran api makin tak terkendali. Mereka beramai-ramai membantu pemadaman untuk mencegah api merembet ke permukiman lain.

Beruntung tak lama kemudian, tim Damkar Sragen langsung tiba dan melakukan pemadaman. Berkat kesigapan petugas Damkar, BPBD dan relawan, api berhasil dijinakkan satu jam kemudian.

Baca Juga :  Duh, Satu Peserta Ujian SKB CPNS Sragen Dinyatakan Positif Terpapar Covid-19. Keluarga Ajukan Penundaan, Begini Respon BKN!

Kabid Pemadam Kebakaran Dinas Satpol PP dan Damkar Sragen, Sunardi mengatakan kebakaran terjadi akibat sisa api dari pembakaran sampah yang tidak tuntas di samping rumah korban.

Api kemudian merembet mengenai rumah dapur korban dan meludeskan sebagian bangunan dapur. Namun ia memastikan tidak ada korban jiwa dalam musibah itu.

“Apinya dari sisa pembakaran sampah dari tetangga korban. Saat sampah dibakar terus ditinggal, sehingga sisa api kemudian menjalar mengenai rumah korban. Tapi beruntungnya hanya membakar sebagian saja, dan tidak ada korban jiwa,” terangnya kepada JOGLOSEMARNEWS.COM , Rabu (22/7/2020). Wardoyo