JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

ICW Berharap Joko S Tjandra Bersikap Kooperatif Ungkap Mafia Hukum

Joko S Tjandra / tempo.co

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM –  Setelah memberikan apresiasi terhadap penangkapan buronan kelas kakap Joko Tjandra setelah 11 tahun pelariannya, Indonesia Corruption Watch (ICW) berharap Joko dapat kooperatif untuk mengungkap mafia hukum di balik pelariannya selama ini.

“ICW mendesak agar yang bersangkutan dapat kooperatif dalam menjalani masa hukuman serta memberikan informasi kepada penegak hukum tentang pihak-pihak mana saja yang turut membantunya dalam pelarian selama sebelas tahun terakhir,” kata Peneliti ICW Kurnia Ramadhana, dalam keterangan tertulis, Jumat (31/7/2020).

Baca Juga :  Sri Mulyani: Pembiayaan Utang Melonjak, APBN Kita Berat

Kurnia mengatakan KPK harus segera berkoordinasi, baik dengan Kepolisian atau Kejaksaan, untuk dapat menangani dugaan tindak pidana suap yang dilakukan Djoko Tjandra atau pun advokatnya. Selain itu ada juga dugaan obstruction of justice.

Meski mengapresiasi kerja Polri, ICW menegaskan masih banyak pekerjaan rumah yang harus diselesaikan pasca penangkapan terpidana kasus pengalihan hak tagih (cessie) Bank Bali senilai Rp 904 miliar itu.

Bagi Polri, ICW mengatakan, perlu ada investigasi lebih lanjut terkait siapa saja pejabat di internal Polri yang terlibat dalam pelarian Djoko.

Baca Juga :  Korban Pemerasan dan Pelecehan Seksual di Bandara Soekarno-Hatta Tak Kunjung Buat Laporan, Polisi akan Jemput Bola ke Bali: Supaya Terang Benderang

Sebelumnya, Kapolri Jenderal Idham Azis telah memutasi tiga jenderal Polri karena diduga terlibat dalam pelarian tersebut.

“Polri harus mengembangkan terkait adanya kemungkinan petinggi Korps Bhayangkara lain yang juga terlibat dalam membantu pelarian Djoko Tjandra,” kata Kurnia.

Pun halnya dengan Kejaksaan Agung, yang dinilai ICW harus mengevaluasi kinerja dari Tim Eksekutor pencarian Djoko Tjandra.” Sebab, tim tersebut pada kenyataannya gagal meringkus terpidana kasus korupsi tersebut,” kata dia.

www.tempo.co