JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Kreatif di Masa Pandemi, Polsek Sidoharjo Sragen Bersama Pemuda Sulap Lahan Kosong Jadi Sentra Aneka Sayuran. Kapolsek Pun Rela Keliling Bagi Sayuran Gratis untuk Warga

Kapolsek Sidoharjo, AKP Agung Ari bersama Muspika, Kades Patihan dan Ketua Kampung Tangguh Alfian Rendy saat panen perdana sayuran untuk warga, Minggu (4/7/2020). Foto/Wardoyo
surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id
Kapolsek Sidoharjo, AKP Agung Ari bersama Muspika, Kades Patihan dan Ketua Kampung Tangguh Alfian Rendy saat panen perdana sayuran untuk warga, Minggu (4/7/2020). Foto/Wardoyo

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM – Pandemi corona atau covid-19, membuat gerakan kepedulian terus bermunculan. Seperti dilakukan Polsek Sidoharjo, Sragen yang menggandeng warga untuk merintis Kampung Tangguh Nusantara Candi.

Kampung Tangguh itu dirintis di Dukuh Gebung RT 23, Desa Patihan, Kecamatan Sidoharjo. Bersama warga dan karang taruna dukuh itu, aparat Polsek merintis sebuah lahan pekarangan untuk dijadikan sentra ketahanan pangan.

Di lahan tersebut, ditanami berbagai tanaman sayuran mulai dari bayam, terong, kangkung, cabe, sawi dan pisang.

Dan Minggu (4/7/2020) pagi, proyek Kampung Tangguh itu memasuki panen perdana. Puluhan warga dan pemuda menjadi saksi panen raya perdana yang dihadiri Muspika Sidoharjo mulai dari Kapolsek AKP Agung Ari Purnowo, Camat Susilohono, Danramil Kapt Jumbadiono dan Kades Patihan, Tri Mulyono.

Baca Juga :  Breaking News: Geger Mayat Pria Misterius Ditemukan Bersimbah Darah di Teras Rumah Warga Gading Tanon Sragen. Lokasi Langsung Ditutup Garis Polisi!

Dalam sambutannya, Camat Susilohono mengapresiasi perintisan Kampung Tangguh Nusantara Candi di Gebung, Patihan itu. Menurutnya keberadaan kampung dengan lahan ketahanan pangan itu diharapkan bisa membantu warga meringankan kebutuhan sehari-hari utamanya kebutuhan sayuran.

Kapolsek dan relawan berkeliling bagu sayuran. Foto/Wardoyo

Kapolsek Sidoharjo, AKP Agung Ari Purnowo mengatakan lahan ketahanan pangan dan kampung tangguh itu merupakan hasil binaan dan gagasan dari Polsek Sidoharjo.

Hasil panen sayuran itu langsung dibagikan kepada warga sekitar guna mendukung dan menopang program ketahanan pangan masyarakat di tengah pandemi Covid-19.

Baca Juga :  Duh, Kades Tegaldowo Gemolong Sragen Yang Positif Covid-19 Ternyata Sempat Ikut Rapat Bersama Para Kades dan Sekcam. Pelayanan Balai Desa Ditutup?

“Kami dari Polri merasa puas dengan hasil kinerja dan inovasi dari Kampung Tangguh Nusantara Candi di Dukuh Gebung Desa Patihan, Sidoharjo, Sragen ini,” tuturnya.

Sementara, Ketua Kampung Tangguh Nusantara Dukuh Gebung, Alfian Rendy Prasetyo mengatakan kampung tangguh itu dirintis dan dibudidayakan bersama oleh pemuda dan warga sekitar.

“Ini sangat bagus karena bisa membantu masyarakat memenuhi kebutuhan utamanya sayuran di masa pandemi yang notabene perekonomian agak sulit,” tuturnya.

Warga utamanya ibu-ibu langsung sumringah menyambut panen perdana tersebut. Mereka memetik bayam, kangkung dan sayuran lain untuk dibawa ke rumah secara gratis. Wardoyo