JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Meski Teman Sendiri, Kabareskrim Bakal Tindak Tegas Polisi yang Bantu Joko S Tjandra

Listyo Sigit Prabowo. Facebook/@Listyo Sigit Prabowo

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Mabes Polri menegaskan tidak pandang bulu dalam pengusutan internal terkait kasus buron Joko S Tjandra, yang diduga melibatkan pejabat di kepolisian.

Hal itu ditegaskan oleh Kepala Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Mabes Polri, Komisaris Jenderal (Komjen) Listyo Sigit Prabowo.

Listyo berjanji akan menindak, meski oknum yang melanggar merupakan teman seangkatannya.

“Biar pun teman satu angkatan, kami tidak pernah ragu untuk menindak tegas tanpa pandang bulu,” ujar Listyo dalam keterangan tertulis, Senin (20/7/2020).

Baca Juga :  Melanggar Protokol Kesehatan Covid-19, Sebanyak 24 Warga Kota Banda Aceh Dihukum Menghafal Surat Pendek Alquran

Dalam polemik Joko Tjandra itu, Kepala Kepolisian RI Jenderal Idham Azis telah mencopot jabatan tiga anak buahnya.

Mereka adalah Brigadir Jenderal Prasetijo Utomo, Brigadir Jenderal Nugroho Wibowo, dan Inspektur Jenderal Napoleon Bonaparte.

Selain itu, Polri juga tengah menyelidiki dugaan keterlibatan pihak lain di luar institusi terkait pelarian Joko S Tjandra.

“Proses lidik dan sidik terhadap semua dugaan pidana yang terjadi, baik yang dilakukan internal maupun pihak-pihak terkait di luar institusi Polri,” kata Listyo.

Baca Juga :  Ini 9 Langkah Antisipasi LIPI Soal Pilkada di Tengah Pandemi Corona

Listyo berjanji akan melakukan pengusutan secara transparan dan terbuka kepada publik. Karena itu, ia mengimbau kepada seluruh pihak agar tidak ikut memperkeruh suasana dan situasi.

“Kami pastikan akan profesional dan transparan dalam melakukan pengusutan perkara ini. Kami meminta agar masyarakat percaya dan ikut membantu mengawasi hal ini,” ucap Listyo Sigit Prabowo.

www.tempo.co