JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi

Minggu 19 Juli 2020 Pukul 05.00 Pagi, Bulan dan 5 Planet Lain Bisa Dilihat Tanpa Alat Bantu, Ini Kata LAPAN

Tangkapan layar unggahan LAPAN soal peristiwa langka pada Minggu, 19 Juli 2020 pagi. Foto: Instagram/lapan_ri

JOGLOSEMARNEWS.COM Peristiwa langka bakal terjadi di langit pada Minggu, 19 Juli 2020 pukul 05.00 WIB. Bulan akan bisa dilihat bersama dengan lima planet lain dengan mata telanjang.

Kabar itu disampaikan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) melalui akun Instagram @lapan_ri pada Sabtu (18/7/2020) petang.

Menurut LAPAN, selepas subuh besok, Bulan akan bisa terlihat bersama dengan planet Merkurius, Venus, Mars, Jupiter, dan Saturnus.

“Pada tanggal 19 Juli 2020 pukul 05.00 WIB, akan nampak Bulan dan lima planet sekaligus,” tulis akun lapan_ri di Instagram.

“Bulan, Merkurius dan Venus terletak di arah Timur-Timur Laut, sedangkan Jupiter dan Saturnus terletak di arah Barat-Barat Daya. Mars terletak cukup tinggi di dekat zenit.”

“Bulan sedang memasuki fase sabit akhir terletak berdekatan dengan Merkurius dengan ketinggian lebih rendah dibandingkan Venus yang berada di ketinggian 30 derajat.”

“Sedangkan Jupiter dan Saturnus terpisah sejauh 8 derajat yang mana Jupiter terletak di bawah Saturnus,” papar LAPAN.

View this post on Instagram

Bersiaplah, Bulan dan Lima Planet Tampak Sekaligus di Hari Minggu Pada tanggal 19 Juli 2020 pukul 05.00 WIB, akan nampak Bulan dan lima planet sekaligus. Bulan, Merkurius dan Venus terletak di arah Timur-Timur Laut, sedangkan Jupiter dan Saturnus terletak di arah Barat-Barat Daya. Mars terletak cukup tinggi di dekat zenit. Bulan sedang memasuki fase sabit akhir terletak berdekatan dengan Merkurius dengan ketinggian lebih rendah dibandingkan Venus yang berada di ketinggian 30 derajat. Sedangkan Jupiter dan Saturnus terpisah sejauh 8 derajat yang mana Jupiter terletak di bawah Saturnus. Kelima planet ini dapat disaksikan tanpa menggunakan alat bantu optik. Pastikan cuaca di tempat kalian cerah dan medan pandang di arah Utara-Timur dan Selatan-Barat bebas dari penghalang. Selamat berburu oppa, eh langit~! Pssst~ eonni mau jadi rembulan? Direbutin oppa.. #bigbang #gdragon #top #seungri #taeyang #daesung #bulan #merkurius #venus #mars #jupiter #saturnus

A post shared by LAPAN (@lapan_ri) on

Dijelaskan LAPAN, peristiwa langka di langit itu akan bisa disaksikan dengan mata telanjang atau tanpa alat bantu. Meskipun jika menggunakan teropong atau teleskop, bakal terlihat lebih jelas.

Selain itu untuk bisa menyaksikan Bulan dan lima planet tersebut dengan jelas, cuaca di lokasi pemantauan harus dalam keadaan cerah. Dan tentunya tidak ada objek yang menghalangi, seperti awan.

“Pastikan cuaca di tempat kalian cerah dan medan pandang di arah Utara-Timur dan Selatan-Barat bebas dari penghalang,” tukas LAPAN. Vidya Perdana