JOGLOSEMARNEWS.COM Panggung

Puluhan Selebritas Bakal Turut Berperan dalam Sandiwara Sastra Persembahan Kemendikbud, Ada Tara Basro hingga Nicholas Saputra

Poster promosi Sandiwara Sastra. Foto: Instagram/lukmansrd
   

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM Puluhan selebritas Tanah Air siap turut berperan dalam sebuah podcast sandiwara audio persembahan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI.

Seperti diberitakan sebelumnya, Kemendikbud bekerja sama dengan Titimangsa Foundation dan Kawankawan Media akan membuat sebuah podcast sandiwara audio bertajuk Sandiwara Sastra yang akan disiarkan melalui Spotify BudayaKita.

“Di situasi pandemi, Sandiwara Sastra menjadi alternatif bagi terus berlangsungnya proses penciptaan karena pertemuan aktor dengan karya sastra semakin mengasah perasaan serta intelektualitas,” kata Happy Salma, produser Sandiwara Sastra yang juga pendiri Titimangsa Foundation, dalam konferensi pers, Senin (6/7/2020).

Sejumlah nama selebritas yang disebut akan turut ambil bagian dalam Sandiwara Sastra ini di antaranya, Reza Rahadian, Marsha Timothy, Lukman Sardi, Vino G. Bastian, Iqbaal Ramadhan, Najwa Shihab, Happy Salma, dan Chicco Jerikho.

Selain itu juga ada nama Widi Mulia, Arswendy Bening Swara, Kevin Ardilova, Pevita Pearce, Jefri Nichol, Adinia Wirasti, Atiqah Hasiholan, Rio Dewanto, serta Maudy Koesnaedi.

Tidak ketinggalan juga artis senior Christine Hakim, Mathis Muchus, serta pelakon lainnya yakni Asmara Abigail, Ario Bayu, Nicholas Saputra, Tara Basro, Eva Celia, Nino Kayam, Lulu Tobing, hingga Oka Antara.

Nantinya para selebritas itu akan menyumbangkan suara mereka untuk berperan dalam episode sandiwara yang berbeda-beda.

Setiap episode akan melibatkan tiga hingga empat pemain. Rencana awal Sandiwara Sastra ini akan diproduksi sebanyak 10 episode.

Meski demikian tidak menutup kemungkinan akan dilanjutkan jika antusias masyarakat terhadap karya sastra Indonesia yang dikemas kembali dalam bentuk sandiwara audio ini cukup besar.

“Dalam karya sastra kita bisa melihat jalinan cerita yang dihadirkan tidak jarang melibatkan banyak hal. Bukan hanya dari segi bahasa namun ada sejarah, sosiologi, antropologi, geografi, bahkan juga politik. Maknanya pun menjadi dokumen penting untuk dipelajari,” kata Happy Salma.

Melalui Sandiwara Sastra yang disutradarai oleh Gunawan Maryanto ini, diharapkan karya sastra bisa diminati kembali khususnya oleh para pelajar dan anak muda.

Beberapa karya sastra yang dipilih untuk disandiwarakan antara lain novel Ronggeng Dukuh Paruk karya Ahmad Tohari, cerpen Mencari Herman karya Dee Lestari, novel Helen dan Sukanta karya Pidi Baiq, cerpen Kemerdekaan karya Putu Wijaya, novel Lalita karya Ayu Utami, dan cerpen Berita dari Kebayoran karya Pramoedya Ananta Toer.

Sandiwara Sastra akan mulai bisa didengarkan pada Rabu, 8 Juli 2020 pukul 17.00 WIB melalui kanal BudayaKita di Spotify. Selain itu juga akan disiarkan secara luas melalui Radio Republik Indonesia (RRI).

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com