JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Semarang

SMP Negeri 2 Rembang Terapkan Pembelajaran Jarak Jauh via Radio, Bisa Lebih Efisien Dibanding Daring

Ilustrasi siswa sedang belajar di sekolah. Foto: Pexels.com
   

SEMARANG, JOGLOSEMARNEWS.COM – Efisiensi anggaran dalam Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) saat pandemi virus corona atau covid-19 menjadi prioritas. Seperti halnya di SMP Negeri 2 Rembang mempunyai terobosan baru mengenai pembelajaran jarak jauh kepada siswanya, yakni pembelajaran melalui Radio Citra Bahari (CB) FM.

Di mana dengan cara tersebut diklaim dapat meringankan beban biaya. Kepala sekolah SMPN 2 Rembang Nur Hasan menyampaikan, biaya pembelajaran melalui radio lebih murah dan hemat. Jika pembelajaran melalui media sosial, siswa harus standby melalui laptop atau handphone di rumah yang membutuhkan kuota internet. Sedangkan melalui radio, siswa cukup mendengarkan materi melalui radio yang ada di rumah tanpa kuota alias gratis.

“Keuntungannya para bapak ibu guru bisa menyampaikan materi langsung di radio dan didengarkan oleh siswa di rumah. Dan ini biayanya ya cukup murah dibanding dengan daring yang lain, artinya siswa kuota,” tuturnya saat dihubungi, Selasa (21/7/2020) seperti dilansir situs jatengprov.go.id.

Baca Juga :  Lakukan Balapan Liar di Ungaran, Puluhan Pemuda Dihukum Menuntun Motor Mereka ke Polres Semarang

Disampaikannya lebih lanjut, pembelajaran melalui radio dimulai Senin (20/7/2020) hingga tujuh hari ke depan. Setiap harinya, ada dua mata pelajaran dengan narasumber dari guru yang bersangkutan. Rencananya pembelajaran melalui Radio CB FM ini rutin dilakukan setiap bulannya di pekan kedua selama satu pekan kedua.

“Di hari pertama pembelajaran melalui Radio CBFM, materi yang disiarkan yakni mata pelajaran agama dan Bahasa Indonesia untuk siswa kelas VII. Kegiatan dimulai pukul 08.00-10.00 WIB,” terangnya.

Untuk menjamin kualitas pembelajaran via radio, lanjutnya, para siswa kemudian diberi tugas seputar materi yang disampaikan guru di radio. Selain melalui radio, SMPN 2 Rembang juga tetap melaksanakan pembelajaran via daring di berbagai media sosial.

Baca Juga :  Dampak Banjir Kudus, 141 Warga Masih Tinggal di Posko Pengungsian Sepekan Ini

Direktur Pemberitaan Radio CB FM Achmad Agung Dwi mengatakan, kerja sama ini merupakan salah satu perwujudan dari maksud dan tujuan pendirian LPP Lokal Radio Citra Bahari FM Kabupaten Rembang agar Pemerintah Kabupaten Rembang dan masyarakat memiliki sebuah media informasi dan komunikasi yang menyajikan program siaran di bidang pendidikan, ekonomi, hiburan yang sehat, kontrol sosial dan perekat sosial, melestarikan budaya dengan selalu berorientasi pada kepentingan masyarakat.

Sehingga akan terwujud sikap mental masyarakat yang beriman, bertaqwa, cerdas, memperkokoh integritas nasional dalam rangka membangun masyarakat yang mandiri, demokratis, adil, sejahtera serta menjaga citra positif bangsa.

“Dalam pelaksanaan tugas, LPP Lokal Citra Bahari FM mempunyai visi menjadi radio pusat informasi hiburan, pendidikan bagi masyarakat serta sebagai sarana penyampai aspirasi,” jelasnya. Satria Utama

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com