JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Pantura

11 dari 15 Kecamatan di Batang Masuk Zona Merah Kasus Covid-19

Ilustrasi vaksin Covid-19. Pixabay
ย ย ย 

BATANG, JOGLOSEMARNEWS.COM — Pandemi virus corona atau covid-19 masih melanda sebagian Kabupaten Batang. Menurut Juru Bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Batang, Muchlasin, dari 15 kecamatan yang ada di Kabupaten Batang, sebanyak 11 kecamatan berstatus zona merah penyebaran covid-19.

โ€œPerkembangan data terakhir hanya empat kecamatan yang sementara keluar dari zona merah yaitu Tersono, Reban, Tulis dan Blado,โ€ urai dia.

โ€œPada prinsipnya kami minta kepada seluruh warga untuk benar-benar mengedepankan disiplin protokol kesehatan seperti wajib memakai masker, mencuci tangan dengan sabun serta menerapkan disiplin jaga jarak dalam saat berinteraksi di lingkungan luar rumah,โ€ sambung Muchlasin.

Ia menyebutkan lebih detail, berdasarkan data per 21 Agustus 2020 kemarin, jumlah kasus covid-19 sebanyak 166 kasus terdiri atas 79 orang dinyatakan sembuh, 75 menjalani perawatan di rumah sakit dan isolasi mandiri, serta 12 meninggal dunia.

Baca Juga :  Bak Akrobat, Sejumlah Pengendara Sepeda Motor Berjatuhan di Jalan Lingkar Timur Kudus, Ternyata Ini Sebabnya

Sedangkan jumlah kasus positif Covid-19 didominasi wilayah Kecamatan Batang sebanyak 56 kasus disusul Kecamatan Warungasem (15), Subah (14), Bawang (12), Blado (11), Kandeman (9), Banyuputih (9), Limpung (9), Pecalungan (7), Tulis (6), Bandar (6), Wonotunggal (4), Gringsing (3), Reban (2), dan Tersono (1).

โ€œSeperti dalam program Zero Covid-19 maka puluhan pasien positif Covid-19 yang sedang menjalani isolasi mandiri akan mendapat bantuan pemkab yaitu uang tunai Rp1 juta dan sembako berupa beras,” imbuh Muchlasin, yang juga menjabat Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Batang ini.

Sebelumnya, Bupati Batang Wihaji, menekankan sebagai langkah penegakan hukum untuk antisipasi penyebaran Covid-19, Pemkab Batang telah mengeluarkan peraturan bupati hasil turunan Instruksi Presiden RI Nomor 6 Tahun 2020 tentang Peningkatan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan Dalam Pencegahan dan Pengendalian Covid-19.

Baca Juga :  Dua Sejoli Bermesraan Sambil Konsumsi Miras di Pantai Bandengan Jepara Digaruk Polisi, Motornya Disembunyikan di Balik Semak-semak

Lebih lanjut, Wihaji menyampaikan, pada pekan ini, Pemerintah Kabupaten Batang akan melaksanakan pendisiplinan masyarakat dalam penerapan protokol kesehatan.

Wihaji menyebutkan, aturan itu tertuang dalam Peraturan Bupati (Perbup) nomor 55 tahun 2020, tentang peningkatan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan, dalam pencegahan dan pengendalian covid-19.

Dijelaskannya, Perbup pendisiplinan dan penegakan hukum ini akan melibatkan jajaran Satpol PP, TNI dan Polres, dengan cara melakukan operasi penertiban di tempat kerumunan.

โ€œSesuai Perbup, jika ada masyarakat yang tidak tertib memakai masker, akan mendapatkan sanksi denda sebesar Rp10.000 dan untuk perusahaan maksimal Rp50 juta,โ€ sambung Wihaji. Satria Utama

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com