JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

3 Indonesia Sediakan Kuota Internet 30 GB Gratis bagi Siswa Hingga Dosen

Foto: Pixabay

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM  – Para siswa di tanah air kembali bisa bernafas lega. Pasalnya, operator seluler 3 Indonesia menyediakan kuota internet gratis sebesar 30 GB bagi siswa, mahasiswa, guru, hingga dosen.

Paket tersebut digunakan untuk mendukung program pembelajaran jarak jauh yang dicanangkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Paket cuma-cuma itu berlaku bagi pelanggan lama maupun baru khusus pemakaian pada bulan pertama.

“3 Indonesia siap mendukung program pemerintah dalam melaksanakan pembelajaran jarak jauh dan pengadaan akses Internet bagi siswa, guru, mahasiswa, dan dosen di seluruh Indonesia,” tutur Chief Commercial Officer 3 Indonesia Dolly Susanto dalam keterangannya, Sabtu (29/8/2020).

Selain memberikan paket gratis pada bulan pertama, 3 menawarkan promo lanjutan bagi pemakaian pada bulan-bulan setelahnya.

Promo tersebut berupa cashback 20 persen untuk isi ulang pulsa di bulan kedua dan ketiga mulai September sampai Desember 2020.

Baca Juga :  Muhadjir Minta Gubernur Tak Cuma Tangani Covid-19, Tapi Ekonomi Bermasalah

Untuk mendapatkan kuota tersebut, pelanggan perlu mendaftarkan paket melalui pendataan di sekolah atau universitas.

Tenggat waktu pendaftaran paling lambat 31 Agustus 2020. Setelah itu, kuota 30 GB dari 3 Indonesia akan diaktifkan saat bantuan kuota Internet dari Kemendikbud telah cair.

Adapun dari total kuota 30 GB yang ditawarkan 3 Indonesia, 10 GB di antaranya bisa dimanfaatkan untuk mengakses semua aplikasi.

Sedangkan 20 GB lainnya dapat digunakan untuk mengakses aplikasi e-learning, seperti Ruangguru, Edmodo, Zenius, dan Google Classroom. Paket ini berlaku sepanjang 24 jam untuk 30 hari.

Di samping memberikan paket khusus, 3 Indonesia telah meningkatkan kualitas jaringan 4.5G Pro. “Jaringan kami semakin luas dan kuat hadir di lebih dari 34 ribu desa agar kegiatan belajar mengajar online bisa lebih lancar tanpa hambatan,” ujar Dolly .

Baca Juga :  Jika Pilkada Ditunda Karena Pandemi, Mahfud MD: Pemerintahan Tak Akan Jalan

Untuk mengantisipasi lonjakan lalu-lintas data selama periode pembelajaran jarak jauh, 3 Indonesia mengupayakan optimasi jaringan dan penambahan kapasitas di daerah-daerah padat penduduk.

Dolly mengklaim, perusahaannya akan secara konsisten melakukan pemeliharaan jaringan, membangun infrastruktur BTS secara berkelanjutan, memperbaiki data center, dan memaksimalkan pemanfaatan inovasi teknologi lainnya untuk memberikan kenyamanan bagi pelanggan.

Terkait dengan program pembelajaran jarak jauh, Dolly menjelaskan, 3 bakal menjalin kerja sama dengan pihak sekolah dan universitas. Melalui kerja sama itu, 3 akan memberikan kartu perdana secara gratis kepada siswa dan tenaga pengajar.

www.tempo.co