JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Semarang

Antisipasi Kebakaran Hutan dan Lahan, Kapolda Jateng Gencarkan Patroli Hutan

Antisipasi Karhutla : Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi (tengah) bersama jajaran menggelar patroli hutan di Kabupaten Semarang, Jumat (21/8/2020).Giat patroli ini digencarkan sebagai patroli terpadu pencegahan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla). Istimewa

UNGARAN, JOGLOSEMARNEWS.COM Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Lutfi bersama jajarannya melaksanakan patroli terpadu pencegahan kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Patroli hutan difokuskan di kawasan hutan di Gunung Ungaran, Kabupaten Semarang, pada Jumat (21/8/2020).

Irjen Ahmad Luthfi telah memerintahkan anak buahnya untuk rutin menggelar patroli hutan. Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi bencana Karhutla yang berpotensi terjadi pada saat musim kemarau.

“Kegiatan patroli hutan ini sebagai langkah antisipasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan di wilayah Jateng. Meski areal hutan dikelola perhutani menurutnya potensi Karhutla menjadi tanggungjawab kepolisian,” kata Irjen Pol Ahmad Luthfi.

Baca Juga :  Daftar UMK 35 Kabupaten/ Kota di Provinsi Jateng Tahun 2022, Ganjar: Pekerja Lebih dari Setahun Harus Terima Gaji di Atas UMK

Kapolda Jateng juga telah menginstruksikan kepada Polres yang wilayahnya terdapat hutan. Berdasarkan hasil patroli di Kabupaten Semarang, Polda mencatat kondisi jalan yang cukup tinggi. Patroli juga berhasil memetakan sumber air untuk bahan pemadam ketika terjadi karhutla.

“Kami juga menginstruksikan kepada seluruh personil Polri dari tingkat Polda, Polres dan Polsek jajaran untuk sering melakukan patroli antisipasi Karhutla. Kami juga mengimbau untuk melakukan patroli hutan dan lahan agar kebakaran tidak terjadi di wilayah hukum Polda Jateng,” imbuh Kapolda Jateng.

Baca Juga :  Prakiraan Cuaca Hari Ini Jumat, 3 Desember 2021: Magelang Hujan Lebat, Semarang Hujan Sedang dan Solo Raya Hujan Ringan

“Warga yang sehari-hari bekerja di perkebunan, atau lahan diminta ikut menjaga. Kami tadi juga sudah sampaikan supaya berperan mencegah kebakaran lahan,” imbuh Irjen Pol Ahmad Luthfi.

Untuk diketahui, dalam patroli tersebut, Kapolda Jateng menaiki kendaraan khusus offroad.

Halaman selanjutnya

Halaman :  1 2 Tampilkan semua