JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Semarang

Antisipasi Kebakaran Hutan dan Lahan, Kapolda Jateng Gencarkan Patroli Hutan

Antisipasi Karhutla : Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi (tengah) bersama jajaran menggelar patroli hutan di Kabupaten Semarang, Jumat (21/8/2020).Giat patroli ini digencarkan sebagai patroli terpadu pencegahan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla). Istimewa

UNGARAN, JOGLOSEMARNEWS.COM — Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Lutfi bersama jajarannya melaksanakan patroli terpadu pencegahan kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Patroli hutan difokuskan di kawasan hutan di Gunung Ungaran, Kabupaten Semarang, pada Jumat (21/8/2020).

Irjen Ahmad Luthfi telah memerintahkan anak buahnya untuk rutin menggelar patroli hutan. Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi bencana Karhutla yang berpotensi terjadi pada saat musim kemarau.

“Kegiatan patroli hutan ini sebagai langkah antisipasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan di wilayah Jateng. Meski areal hutan dikelola perhutani menurutnya potensi Karhutla menjadi tanggungjawab kepolisian,” kata Irjen Pol Ahmad Luthfi.

Kapolda Jateng juga telah menginstruksikan kepada Polres yang wilayahnya terdapat hutan. Berdasarkan hasil patroli di Kabupaten Semarang, Polda mencatat kondisi jalan yang cukup tinggi. Patroli juga berhasil memetakan sumber air untuk bahan pemadam ketika terjadi karhutla.

Baca Juga :  Panti Asuhan Ar-Rahman Berawal dari Bismillah dan Alhamdulilah

“Kami juga menginstruksikan kepada seluruh personil Polri dari tingkat Polda, Polres dan Polsek jajaran untuk sering melakukan patroli antisipasi Karhutla. Kami juga mengimbau untuk melakukan patroli hutan dan lahan agar kebakaran tidak terjadi di wilayah hukum Polda Jateng,” imbuh Kapolda Jateng.

“Warga yang sehari-hari bekerja di perkebunan, atau lahan diminta ikut menjaga. Kami tadi juga sudah sampaikan supaya berperan mencegah kebakaran lahan,” imbuh Irjen Pol Ahmad Luthfi.

Untuk diketahui, dalam patroli tersebut, Kapolda Jateng menaiki kendaraan khusus offroad.

“Karena medan jalan yang sulit kita terpaksa harus menaiki kendaraan khusus offroad,” imbuh Kapolda Jateng.

Kapolres Semarang AKBP Gatot Hendro Hartono juga menyampaikan, patroli hutan telah beberapa kali dilaksanakan di wilayahnya. Kapolres juga menjelaskan, daerah tujuan wisata cukup rawan.

Baca Juga :  Niatnya Pamer Jumping, Anggota Klub Motor KLX Malah Bikin Celaka. Sebabkan Kecelakaan, Puluhan Motor Anggota Komunitas Langsung Digaruk Polisi

“Sebagai langkah antispasi Karhutla, Polres Semarang akan bekerja sama dengan BPBD Kabupaten Semarang,” kata AKBP Gatot Hendro.

Sebelumya, jajaran Polres Semarang menggelar patroli di Hutan Sumowono pada Kamis (13/8/2020) lalu. Patroli tersebut untuk mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

“Karhutla menjadi perhatian kepolisian mengingat sudah mulai memasuki musim kemarau.Patroli hutan tersebut untuk memetakan jalur khusus. Dengan demikian bisa memudahkan anggota dalam proses evakuasi korban ketika terjadi Karhutla. Sumber air terdekat untuk pemadaman serta bahan lain diluar air yang tersedia di alam liar,”terang dia.

“Hasil giat patroli hutan tersebut selanjutnya akan ditindaklanjuti bersama BPBD Kabupaten Semarang, polisi hutan Perhutani dan unsur terkait,” imbuh AKBP Gatot Hendro. Satria Utama