JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Batal Digelar Rabu, Gelar Perkara Surat Jalan Palsu Joko Tjandra Digelar Jumat Ini

Djoko Tjandra (baju tahanan) saat akan diserahkan dari Tim Penyidik Bareskrim Mabes Polri ke Kejaksaan Agung, di Lobby Gedung Bareskrim, Jakarta Pusat, Jumat ( 31/7/2020). Foto: Tempo.co

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Batal digelar pada Rabu (12/8/2020), pelaksanaan gelar perkara kasus pembuatan surat jalan palsu Joko Tjandra bakal dilakukan, Jumat (14/8/2020).

“Rencana digelar pada hari Jumat, tanggal 14 Agustus 2020 bersamaan dengan kasus Tipikor red notice,“ ujar Kepala Biro Penerangan Masyarakat Mabes Polri Brigadir Jenderal Awi Setiyono dalam keterangan tertulis, Rabu (12/8/2020).

Dalam perkara di Polri, Joko diduga melobi Brigjen Prasetijo Utomo melalui kuasa hukumnya Anita Kolopaking untuk menerbitkan surat jalan palsu.

Baca Juga :  Buruan, Sriwijaya Air Geber Diskon Gede-Gedean Harga Tiket Cuma Rp 215.000 untuk Sejumlah Rute Pilihan. Ada Jakarta-Belitung, Makassar, Ternate Hingga Jakarta-Pontianak, Simak Info Lengkapnya!

Surat jalan itu ia gunakan saat akan pergi ke Pontianak pada 18 Juni 2020. Prasetijo bahkan ikut menemani Joko ke Pontianak.

Selain itu, Joko juga meminta Prasetijo untuk memfasilitasi pembuatan surat bebas Covid-19. Buntut dari langkah Prasetijo, Kepala Kepolisian RI Jenderal Idham Azis kemudian mencopot Prasetijo dari jabatannya, yakni Kepala Biro Koordinasi dan Pengawasan PPNS Bareskrim Polri.

Baca Juga :  Anggota TNI Ditusuk Tetangganya, Perut dan Tangan Terluka, Pelaku Diduga Pengguna Narkoba

Joko sendiri ditangkap oleh Polisi Diraja Malaysia pada 30 Juli. Ia kini ditahan di Lembaga Pemasyarakatan Salemba. Pemindahan itu dilakukan pada 7 Agustus 2020 malam.

“Dari rapat koordinasi, terkait pemeriksaan, untuk sementara kami rasa sudah cukup. Oleh karena itu selanjutnya kami koordinasi dengan Ditjen PAS (Direktorat Jenderal Pemasyarakatan) untuk penempatan Joko Tjandra selanjutnya,” ujar Kepala  Bareskrim Polri Komisaris Jenderal Listyo Sigit Prabowo melalui konferensi pers daring Senin (10/8/2020).

www.tempo.co