JOGLOSEMARNEWS.COM Panggung Film

Bu Tejo Jadi Trending di Twitter, Menyentil Budaya Ngrasani Lewat Film “Tilik”

Film pendek berjudul Tilik produksi Ravacana Films. Foto: Instagram/ravacanafilms

JOGLOSEMARNEWS.COM Media sosial Twitter mendadak ramai membicarakan nama “Bu Tejo” yang menjadi trending topic pada Rabu (19/8/2020). Siapa sebenarnya Bu Tejo yang dimaksud?

Bu Tejo ternyata adalah nama salah satu tokoh dalam film pendek berjudul “Tilik”. Film produksi Ravacana Films itu telah tayang di YouTube sejak 17 Agustus 2020 lalu. Filmnya bisa ditonton di sini.

Tapi apa yang menjadikan sosok Bu Tejo ini banyak dibicarakan netizen, hingga menjadi trending?

Sesuai dengan judulnya, film ini mengambil tema utama tentang budaya tilik atau menjenguk, yang masih sering dijumpai, terutama di wilayah urban dengan warganya yang masih guyub.

Diceritakan dalam film ini, sekelompok ibu-ibu sedang dalam perjalanan untuk menjenguk atau tilik Bu Lurah yang mendadak dibawa ke rumah sakit karena pingsan. Mereka berangkat bersama dengan menumpang sebuah truk dan menempuh perjalanan jauh.

Baca Juga :  Sineroom Hadir Karena Keprihatinan Terhadap Film-film Indonesia

Namun di sepanjang perjalanan, terjadi interaksi antara ibu-ibu yang membahas tentang seorang perempuan kembang desa bernama Dian. Sosok Dian menjadi bahan pergunjingan ibu-ibu yang diawali dari cerita yang diucapkan oleh Bu Tejo.

Dalam film ini juga digambarkan bagaimana masyarakat kita masih senang dengan gosip dan gemar membicarakan orang lain hanya berdasarkan kabar yang belum tentu benar.

Netizen pun banyak yang kemudian merasa jika karakter Bu Tejo ini sangat relevan dengan masyarakat Indonesia saat ini, yang sangat mudah termakan gosip, isu, dan hoaks, terutama yang membicarakan keburukan orang lain.

“Bu Tejo adalah definisi ibu-ibu biang gosip yang sesungguhnya,” tulis salah seorang netizen di Twitter.

“Film pendek Tilik mengajarkan bahwa Bu Tejo ada di sekeliling kita semua. Dengan mulutnya yang mantep pol, pengen tak slepet mulut Bu Tejo,” komentar netizen lainnya.

Baca Juga :  Sineroom Hadir Karena Keprihatinan Terhadap Film-film Indonesia

Film Tilik yang disutradari oleh Wahyu Agung Prasetyo ini merupakan produksi tahun 2018 dan sempat tayang di TVRI pada awal Juni 2020 lalu. Namun film berdurasi 32 menit ini baru diunggah di kanal YouTube milik Ravacana Films pada 17 Agustus 2020 lalu.

Para pemain dalam film pendek ini di antaranya Siti Fauziah sebagai Bu Tejo, Brilliana Desy sebagai Yu Ning, Lully Syahkisrani sebagai Dian, dan Tri Sudarnono sebagai Gotrek.

Film Tilik disebut sudah mengantongi tiga penghargaan, di antaranya berhasil memenangkan Piala Maya pada 2018 kategori Film Pendek Terpilih, menjadi Official Selection di Jogja-Netpac Asian Film Festival 2018, serta Official Selection World Cinema Amsterdam 2019.

Penasaran dengan film pendek ini. Simak langsung di kanal YouTube milik Ravacana Films. Vidya Perdana