JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Semarang

Disiplin Protokol Kesehatan Jadi Prioritas dalam Peringatan 1 Muharam di Pati

Ilustrasi seorang wanita memakai masker. Pexels
ย ย ย 

PATI, JOGLOSEMARNEWS.COM — Pandemi virus corona memaksa pemerintah menggulirkan kebijakan pembatasan kegiatan masyarakat. Sejumlah tradisi yang menjadi temu warga terpaksa dibatasi. Hal tersebut sebagai upaya dalam pencegahan penyebaran virus corona.

Seperti halnya malam pergantian Tahun Baru Hijriah atau 1 Muharam yang jatuh pada Kamis (20/8/2020) yang biasanya diselenggarakan secara meriah, pada tahun ini mesti dilaksanakan sesuai dengan penerapan SOP protokol kesehatan. Pelaksanaan haul pun harus memperhatikan protokol kesehatan pencegahan Covid-19, dengan peserta terbatas.

โ€œTerkait peringatan 1 Muharam, kami hanya memperbolehkan pelaksanaan haul dengan tetap membatasi tamu undangan dan mengedepankan protokol kesehatan,โ€ tegas Bupati Pati Haryanto pada Rapat Koordinasi Penanganan covid-19, di Pendapa Kabupaten Pati, Selasa (18/8/2020).

Baca Juga :  Mohammad Saleh : Kosgoro 1957 Jawa Tengah Solid Dukung Airlangga Hartarto Pimpin Golkar Kembali

Ditambahkan, penanganan covid-19 di Kabupaten Pati sudah dilakukan sejak Maret hingga sekarang. Terhitung sudah lima bulan berjalan. Namun, upaya yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Pati sampai saat ini, kasus covid-19 masih bertambah.

Menurut Haryanto, penambahan tersebut selain karena meningkatnya intensitas pelaksanaan test swab massal, juga masih banyaknya masyarakat yang tidak menaati protokol kesehatan. Mereka menganggap new normal (kenormalan baru) itu, sudah kembali ke kondisi normal.

โ€œBanyak masyarakat yang lalai terhadap protokol kesehatan. Ada beberapa kegiatan yang seharusnya izin, memerlukan kooordinasi dan mendapat pengawalan, namun ternyata tidak terpantau,โ€ ungkap bupati.

Baca Juga :  Golkar Dorong Pasangan Ahmad Luthfi โ€“ Wihaji dalam Pilgub Jateng Nopember Mendatang

Karenanya, Haryanto minta kepada camat dan kepala desa untuk membantu pemerintah menyosialisasikan protokol kesehatan.

โ€œMohon ini dikawal dengan baik bersama kepala desa, karena ini yang bisa kita lakukan untuk membantu sosialisasi kepada masyarakat,โ€ pesannya kepada para camat.

Wakil Bupati Pati Saiful Arifin mengingatkan, agar jajarannya terus menyosialisasikan gerakan untuk tetap disiplin dan konsisten menerapkan protokol kesehatan.

โ€œSampaikan ke warga agar mereka selalu taat memakai masker. Karena maskermu melindungiku, maskerku melindungimu,โ€ jelasnya. Ahmad|Satria Utama

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com