JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Pantura

Dua ASN Kendal Terjangkit Corona, Tes Massal Covid-19 Dikebut, Kantor Pemkab Kendal Ditutup Tiga Hari

Ilustrasi melawan virus corona. Pixabay/Ahmad Triyawan

KENDAL, JOGLOSEMARNEWS.COM — Gelombang pandemi virus corona atau covid-19, di Kabupaten Kendal kembali menggema. Kini, penyebaran sudah melanda di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kendal. Dua Aparatur Sipil Negara (ASN) yang bekerja di lingkungan Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Kendal dinyatakan positif terjangkit covid-19.

Data yang dihimpun, upaya penanggulangan penyebaran covid-19 langsung dipacu. Salah satunya, Pemerintah Kabupaten Kendal bergerak cepat menggelar rapid tes dan swab tes massal pada Kamis (06/08/2020).

Kebijakan lainnya, Bupati Kendal Mirna Annisa juga langsung menginstruksikan penutupan sementara komplek kantor bupati dan Setda Kendal. Penutupan sementara bakal diberlakukan selama 3 hari untuk dilakukan sterilisasi.

Baca Juga :  Menteri Erick Fokus Dongkrak Investasi di Batang

Menurut Bupati Mirna, kebijakan tersebut diberlakukan guna mengantisipasi penyebaran lebih banyak.
Bupati Mirna juga menegaskan, upaya antisipasi sangat perlu segera direalisasiskan. Hal itu untuk mengantisipasi penyebaran dilakukan rapid dan swab dilingkungan Setda Kendal.

“Seperti telah direncanakan, pada Jumat (07/08/2020) seluruh ASN di lingkungan Setda Kendal diliburkan dan komplek Pemkab ditutup hingga hari Senin pekan depan,” kata dia.

“Selama penutupan lingkungan Setda Kendal akan dilakukan penyemprotan di seluruh ruangan secara bertahap untuk sterilisasi,” sambung Bupati Mirna.

Ia juga menekankan setelah ditemukan klaster baru, Pemkab Kendal jajaran ASN menjalani rapid tes dan swab. Sementara hasil rapid tes dan swab akan diketahui Kamis malam untuk dilakukan tindakan selanjutnya.

Baca Juga :  Antisipasi Lonjakan Pasien Covid-19, RSUD Kalisari Batang Tambah 12 Tempat Tidur

“Saya bersama jajaran pegawai di Pemkab Kendal termasuk ajudan dan seluruh komponen protokoler kantor bupati melaksanakan swab test covid-19,” terang dia.

Lebih detail, Mirna menguraikan, dua ASN yang positif covid-19 ini ada kontak dengan keluarganya yang sudah positif. Ia menyebut, pegawai di Kominfo Kendal diketahui kontak dengan suaminya yang mengalami gejala covid-19.

Selanjutnya, satu ASN lain di Badan Keuangan Daerah berdasarkan hasil traccing kontak dengan adiknya di rumah yang sudah terpapar covid-19. Satria Utama