JOGLOSEMARNEWS.COM Panggung Musik

Gandeng Penyanyi Hanin Dhiya, Grup Musik Sabyan Rilis Lagu Baru Berjudul Fatimah Az Zahra

Tangkapan layar video klip Sabyan berjudul Fatimah Az Zahra yang telah rilis di YouTube. Foto: YouTube/ SABYAN
   

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM Grup musik Sabyan mempersembahkan sebuah lagu baru bagi para penggemarnya. Dengan menggandeng penyanyi muda Hanin Dhiya, mereka merilis lagu berjudul “Fatimah Az Zahra”. Nama Fatimah Az Zahra diambil dari nama putri Nabi Muhammad SAW.

Pencipta lagu, Ahmad Fairuz alias Ayus, yang juga adalah pemain keyboard band Sabyan, mengaku jika lagu ini terinspirasi dari lagu Aisyah Istri Rasulullah.

“Saat saya dengar lagu itu (Aisyah) dan kita juga sempat cover lagu itu terus kita kepikir untuk membuat lagu sendiri tapi yang mengisahkan tentang tokoh-tokoh Islam. Banyak sebetulnya cuma akhirnya kita memilih sosok Fatimah yang mau kita angkat terlebih dahulu,” kata Ayus dalam konferensi pers virtual, Senin (24/8/2020).

Ayus pun mengaku mengalami beberapa kesulitan saat proses pembuatan lagu. Ia harus menggali kisah hidup Fatimah melalui orang-orang yang benar-benar paham tentang sosok Fatimah. Sampai akhirnya ia merangkai empat kisah mengenai Fatimah dan dikemasnya menjadi sebuah lagu bergenre pop.

Sementara alasan menggandeng penyanyi Hanin Dhiya, adalah karena vokalnya yang dirasa sangat cocok untuk bisa bernyanyi bersama Nissa Sabyan.

Saat diajak berkolaborasi, Hanin Dhiya merasa bersemangat sekaligus khawatir dan takut tidak bisa mengimbangi Sabyan. Namun setelah ia mengetahui lagu “Fatimah Az Zahra”, pandangannya berubah.

“Ini bakal jadi pengalaman baru walaupun lagunya pop, jujur saja ini pertama kali buat aku bawain lagu religi. Ini adalah salah satu kesempatan aku untuk belajar dan keluar dari zona nyaman makanya aku senang banget bisa kolaborasi sama Sabyan kali ini,” kata Hanin Dhiya.

Serupa dengan Hanin Dhiya, Nissa juga mengaku harus menyesuaikan karakter vokalnya di lagu terbarunya kali ini. “Aku benar-benar harus menyesuaikan karakter Hanin dan aku karena penghayatannya benar-benar luar biasa,” kata Nissa.

Penghayatan Nissa Sabyan yang begitu dalam dibuktikan dengan air mata yang sempat menetes sebelum melakukan rekaman. Hal ini terjadi lantaran Nissa merasa lagu Fatimah Az Zahra sangat menyentuh perasaannya.

Video klip untuk lagu “Fatimah Az Zahra” juga sudah dirilis di kanal YouTube Sabyan sejak Jumat (21/8/2020) pekan lalu. Ilustrasi pasir dipilih dan digunakan dalam video klip untuk menyampaikan pesan dari lagu tersebut.

Sabyan berharap melalui lagu ini mereka bisa menginspirasi banyak orang untuk mau lebih mempelajari agama Islam, terutama tokoh-tokoh dalam sejarah Islam.

“Semoga banyak lagi masyarakat yang juga bisa mempelajari sejarah-sejarah tokoh Islam. Semoga juga banyak musisi yang terinspirasi menciptakan lagu-lagu dari tokoh-tokoh Islam,” kata Kamal, pemain drum Sabyan.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com