JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Akademia

Ini Cara Unik ITS Surabaya Gelar Wisuda Online Perdana, Gunakan Game Minecraft dan Disiarkan Langsung di YouTube

Tangkapan layar video wisuda online perdana di Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya. Foto: YouTube/Institut Teknologi Sepuluh Nopember

SURABAYA, JOGLOSEMARNEWS.COM Di masa pandemi Corona seperti saat ini, sejumlah institusi pendidikan ramai menggelar acara wisuda secara online atau daring.

Namun cara yang dipilih Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya ini sangat unik, lantaran menggunakan game virtual, Minecraft.

ITS Surabaya menggelar acara wisuda ke-121 hari kedua yang sempat tertunda dengan cara hybrid, yakni gabungan antara luring dan daring. Acara tersebut digelar pada Minggu (2/8/2020).

Untuk wisuda online perdana ini, ITS memilih menggunakan game bernama Minecraft, yakni semacam permainan virtual yang mengajak pemain merancang balok-balok menjadi bentuk sesuai yang diinginkan.

Ide wisuda menggunakan game Minecraft ini diinisiasi salah satunya oleh Hadziq Fabroyir, dosen di Departemen Teknik Informatika ITS. Ia bersama 14 orang lainnya yang merupakan penggemar game ini membuat bangunan Gedung Graha Sepuluh Nopember ITS secara virtual menggunakan Minecraft Education Edition.

Baca Juga :  KEREN! Mahasiswa UNS Raih Juara 1 di Ajang IKAB National Scientific Writing and Youth Competition

Hadziq mengaku kesulitan ditemui saat membangun gedung tersebut secara virtual karena dirinya dan rekan-rekan lainnya tidak bisa mengingat secara detail bentuk bangunan. Sementara untuk melakukan survei langsung terkendala pandemi yang mengharuskan social distancing.

“Akhirnya kami merangkai konstruksi graha di Minecraft berdasarkan gambar-gambar yang kami kumpulkan dari internet,” ujar Hadziq seperti dikutip dari laman its.ac.id, Minggu (2/8/2020).

Wisuda online ini diikuti oleh 570 wisudawan wisudawati dari tiga fakultas, yakni Fakultas Teknik Sipil, Perencanaan, dan Kebumian (FTSPK); Fakultas Teknologi Kelautan (FTK); dan Fakultas Desain Kreatif dan Bisnis Digital (FDKBD). Mereka hadir secara daring melalui rumah masing-masing.

Baca Juga :  KEREN! Mahasiswa UNS Raih Juara 1 di Ajang IKAB National Scientific Writing and Youth Competition

Sementara para pimpinan ITS menghadiri prosesi wisuda secara langsung dengan hadir di Gedung Research Center (RC) ITS dan tetap memperhatikan protokol kesehatan yang berlaku.

Rektor ITS, Prof Dr Ir Mochamad Ashari MEng, yang memimpin prosesi mengaku tetap optimistis jika pelaksanaan wisuda online tersebut dapat mengobati kerinduan para wisudawan terhadap momen berakhirnya perkuliahan di ITS.

“Sebenarnya, ITS telah menunggu waktu yang tepat supaya (wisuda) dapat dilaksanakan seperti biasa, ternyata kondisi berkata lain,” ujarnya dalam sambutan.

Keunikan wisuda daring ITS ini tak hanya dari penggunakan game virtual, namun juga disiarkan secara langsung melalui kanal YouTube, Institut Teknologi Sepuluh Nopember. Rekaman ulang wisuda ke-121 ITS ini masih bisa ditonton di situs berbagi video tersebut. Vidya Perdana