JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Ini Pengakuan Anji Terkait Perkenalannya dengan Hadi Pranoto: Awalnya Lihat Harapan di Tengah Pandemi, Kaget Pernyatannya Tak Valid

Tangkapan layar video klarifikasi dari musisi Anji terkait pertemuan dan wawancaranya dengan Hadi Pranoto. Foto: YouTube/dunia MANJI

JOGLOSEMARNEWS.COM Musisi Erdian Aji Prihartanto, atau yang lebih dikenal dengan Anji, buka-bukaan mengenai cerita pertemuan pertama, perkenalan, hingga akhirnya memutuskan untuk mewawancarai Hadi Pranoto.

Hal itu ia beberkan seluruhnya dalam video klarifikasi berdurasi sekitar 7 menit yang diunggahnya di kanal YouTube, dunia MANJI, miliknya, pada Kamis (6/8/2020).

Dalam video tersebut, Anji menjelaskan bahwa sebelum mewawancarai Hadi Pranoto, ia sama sekali belum mengenal dan belum pernah bertemu dengannya.

Ia pertama kali bertemu dengan Hadi Pranoto pada 29 Juli 2020 saat tengah berada di Kepulauan Tegal Mas, Lampung, untuk melihat lahan miliknya.

Pada satu kesempatan, ia mengikuti acara yang juga dihadiri oleh Hadi Pranoto dan melihatnya diwawancarai sejumlah media yang beritanya terbit pada hari itu juga. Ia juga mendengar jika orang-orang memanggil Hadi Pranoto dengan sebutan “Prof”. Dari sanalah Anji pun ikut memanggil dia dengan sebutan itu.

“Saya tertarik dengan apa yang dibicarakan di dalam materi wawancara tersebut, lalu saya mulai mencari berita tentang Bapak Hadi Pranoto di Google dan menemukan sebelumnya sudah ada pemberitaan tentang Hadi Pranoto dan juga temuannya di media-media, sejak bulan April 2020.”

Baca Juga :  228 Tenaga Kesehatan Dilaporkan Meninggal Akibat Covid-19, Termasuk 9 Dokter Gigi dan 8 Guru Besar. IDI Sebut Masyarakat Banyak yang Tak Patuh Protokol Kesehatan

“Saya melihat harapan. Lalu saya meminta sesi wawancara dengan Bapak Hadi Pranoto untuk membicarakan perihal ini. Wawancara pun dilakukan pada hari itu, malamnya sekitar jam 10 (22.00). Video itu lalu saya publish pada tanggal 31 Juli 2020, dua hari setelahnya,” beber Anji.

Anji pun menegaskan jika di dalam video wawancara, dirinya tidak menyebut ramuan herbal temuan Hadi Pranoto adalah obat. Ia juga menunjukkan bukti-bukti jika dirinya sudah menanyakan secara langsung terkait status dan kredibilitas narasumber yang diwawancarainya.

Anji pun mengaku terkejut saat videonya telah ramai beredar, banyak pihak yang mempertanyakan kredibilitas Hadi Pranoto dan pernyataan-pernyataannya.

“Saya terkejut ketika mendapatkan informasi bahwa ternyata beberapa hal yang berkaitan dengan status Bapak Hadi Pranoto dan juga pernyataan-pernyataannya ternyata tidak valid,” kata Anji.

Baca Juga :  Merasa Ganti Rugi Proyek Rel KA Bandara YIA Belum Dibayar, Warga Segel Lahan

Di dalam video klarifikasi itu, Anji juga menegaskan posisinya yang tidak bermaksud menyinggung dunia kedokteran maupun tenaga kesehatan. Ia bahkan menyelipkan sejumlah bukti video jika dirinya mendukung upaya pencegahan penularan corona dengan jaga jarak dan memberi dukungan kepada tenaga medis melalui jalur musik.

Dalam video, Anji juga menyatakan bahwa dirinya siap untuk bekerja sama dengan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dalam memberikan penjelasan ke masyarakat terkait proses sebuah temuan obat secara ilmiah.

Di akhir video, Anji menyampaikan permintaan maafnya kepada seluruh masyarakat Indonesia atas kegaduhan yang terjadi akibat video unggahannya.

Sebelumnya, nama Anji dan Hadi Pranoto menjadi ramai diperbincangkan setelah muncul video wawancara milik Anji yang menyebut jika Hadi Pranoto telah menemukan obat Covid-19.

Video tersebut menjadi viral, namun telah dihapus oleh YouTube dua hari setelah diunggah dengan alasan konten yang meresahkan. Vidya Perdana