JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sukoharjo

Kebakaran di Perbatasan Sukoharjo-Wonogiri Ancam 374 Hektare Lahan Negara, Langkah Ini yang Akhirnya Ditempuh

Kapolres meninjau lokasi perbatasan Sukoharjo-Wonogiri yang kerap dilanda kebakaran. Dok. Polres Sukoharjo
Kapolres meninjau lokasi perbatasan Sukoharjo-Wonogiri yang kerap dilanda kebakaran. Dok. Polres Sukoharjo

SUKOHARJO, JOGLOSEMARNEWS.COM – Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) seiring datangnya musim kemarau, kerap terjadi di wilayah Sukoharjo.

Menyikapi hal itu, Kapolres Sukoharjo AKBP Bambang Yugo Pamungkas melaksanakan pantauan di wilayah perbukitan Desa Kedungsono, Kecamatan Bulu, Kabupaten Sukoharjo. Melansir tribratanews, Kamis (13/8/2020), pantauan Kapolres tersebut dilakukan bersama Kodim, Pemkab Sukoharjo serta Perum Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Surakarta.

“Kami berkomitmen penuh dan bersinergi mencegah kebakaran kawasan hutan saat musim kemarau. Pencegahan ini salah satunya dengan sosialiasi pada masyarakat di kawasan perbukitan agar tidak membakar sampah sembarangan,” ujar Kapolres.

Baca Juga :  Bikin Deg-degan, Hasil Pengundian Akhirnya Paslon EA Memperoleh Nomor Urut 1 Sedangkan Joswi Dapatkan Nomor Urut 2, Resmi Terpasang di APK 26 September Mulai Kampanye

Diterangkan Kapolres, sosialisasi dilaksanakan secara door to door dengan memberikan imbauan agar warga tidak membakar sampah sembarangan di kawasan hutan di musim kemarau.

Kapolres mengaku tidak segan-segan untuk menindak para pelaku pembakaran hutan. Menurutnya, pelaku pembakaran hutan yang terbukti akan dipidanakan. Selama ini, kasus kebakaran hutan seringkali terjadi saat musim kemarau.

Baca Juga :  Ini Lho Lur Paslon Pilkada Sukoharjo 2020, Ada Joko Santosa-Wiwaha Aji Santosa Alias Joswi dan Etik Suryani-Agus Santosa Atau EA

Tahun lalu, ujar Kapolres, kebakaran hutan banyak terjadi di wilayah perbukitan khususnya perbatasan Sukoharjo dengan Wonogiri. Kapolres berharap kasus kebakaran tidak terjadi lagi.

Hal senada diungkapkan Administratur Perum Perhutani KPH Surakarta, Sugi Purwanta. Menurutnya, sinergitas bersama Polres, Kodim, dan Pemkab sangat positif dalam rangka mencegah kebakaran hutan di musim kemarau.
Menurutnya, hutan negara atau hutan lindung yang ada di wilayah Sukoharjo ada seluas 374 hektare. Aria