JOGLOSEMARNEWS.COM Sport

Persiapan Hadapi Piala AFC U-19 2020, Timnas Indonesia U-19 Dipastikan Gelar Pemusatan Latihan di Kroasia

Tim sepakbola nasional Indonesia menjalani latihan dalam TC di Jakarta. Foto: pssi.org

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM Tim sepakbola nasional (Timnas) Indonesia U-19 dipastikan bakal menjalani pemusatan latihan (TC) di Kroasia. Skuad Garuda Muda rencananya akan diberangkatkan pada akhir Agustus mendatang.

TC luar negeri itu akan menjadi lanjutan dari TC di Jakarta yang saat ini tengah dijalani skuad Garuda Muda sejak lebih dari tiga pekan terakhir.

Kepastian memberangkatkan Timnas U-19 ke luar negeri itu disampaikan langsung oleh Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan.

“Kroasia akhirnya menjadi negara pilihan tempat TC Timnas U-19. Hal ini karena federasi sepakbola Kroasia paling cepat merespon surat dari PSSI.”

“Kroasia merupakan salah satu negara yang hebat di sepakbola, buktinya pada Piala Dunia 2018 mereka menjadi runner up dan peringkat enam pada rangking FIFA saat ini,” kata Mochamad Iriawan, dikutip dari laman resmi PSSI, Kamis (20/8/2020).

Baca Juga :  Dua Gol ke Gawang Qatar Bawa Timnas U-19 Cicipi Kemenangan Perdana, Pelatih Shin Tae-yong: Pemain Sudah Bekerja Keras

Alasan lain dipilihnya Kroasia sebagai tujuan TC luar negeri, lanjut Iriawan, adalah karena federasi sepakbola negara itu telah mengundang Timnas U-19 untuk turut berpartisipasi dalam turnamen empat negara yang akan diselenggarakan pada tanggal 2 hingga 8 September 2020 mendatang.

Selain itu, Kroasia dinilai menjadi lokasi yang tepat bagi Timnas U-19 yang akan menghadapi Piala AFC U-19 2020 yang diselenggarakan di Uzbekistan.

“Begitu Timnas U-19 mendarat di Kroasia, kami sudah mendapatkan info bahwa mereka tidak perlu melakukan karantina. Tentu hal ini sangat menguntungkan bagi Timnas U-19. Suhu di Kroasia juga tidak terlalu beda dengan Uzbekistan. Karena rencananya Timnas U-19 akan berangkat ke Uzbekistan pada 4 Oktober mendatang,” tambah Iriawan.

Baca Juga :  Link Streaming Laga Persahabatan Timnas U-19 vs Qatar, Garuda Muda Waspadai Balas Dendam Lawan

Piala AFC U-19 2020 akan berlangsung pada tanggal 14 hingga 31 Oktober 2020 di Uzbekistan. Dalam ajang tersebut, Garuda Muda berada di Grup A bersama tuan rumah Uzbekistan, Kamboja, dan Iran.

Pertandingan perdana Timnas U-19 di Piala AFC U-19 2020 akan melawan Kamboja pada 14 Oktober. Selanjutnya melawan Iran tanggal 17 Oktober dan menantang tuan rumah Uzbekistan pada 20 Oktober.

Target selanjutnya, pada tahun 2021 mendatang skuad Garuda Muda yang sama rencananya bakal diturunkan dalam Piala Dunia U-20 yang akan berlangsung di Indonesia. Vidya Perdana