JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Karanganyar

Puluhan Perencana Digembleng E-Planning, Bupati Karanganyar Minta Semua OPD Aplikasikan Visi Misi Bupati di RPJMD

Bupati Juliyatmono saat membuka acara. Foto/Humas
Bupati Juliyatmono saat membuka acara. Foto/Humas

KARANGANYAR, JOGLOSEMARNEWS.COM – Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan (Baperlitbang) Kabupaten Karanganyar mengadakan bimbingan teknis Peningkatan Kapasitas Aparatur Pelaksana Perencanaan Perangkat Daerah se-Kabupaten Karanganyar Tahun 2020 dengan Tema “Penggunaan Aplikasi Integrasi e-Planning dan e-Budgeting” di El Royale Hotel, Daerah istimewa Yogyakarta (05/08/2020).

Pelatihan diikuti oleh kurang lebih 60 peserta yang terdiri dari aparatur pelaksana perencana OPD se-Kabupaten Karanganyar dan juga tim teknis aplikasi dan juga keuangan.

Dalam laporannya, Kepala Baperlitbang Kabupaten Karanganyar, Muh Indrayanto mengungkapkan bahwa kegiatan ini dalam rangka penggunaan aplikasi terintegrasi antara perencana dan penganggaran dengan system infomasi  perencanaan dan penganggaran.

Menurutnya, konsistensi  antara hubungan perencanaan dan keuangan itu sangat penting, yakni guna mewujudkan pemerintahan yang efektif, transparan dan dapat dipertanggungjawabkan.

Baca Juga :  Mengenal Green Yard Resto Jenawi, Ikon Wisata dan Kuliner Baru di Karanganyar. Padukan Kelezatan Menu dan Keindahan Lanskap Bukit Lawu Serta Candi Cetho

Selain itu, tujuan dalam kegiatan ini adalah untuk melaksanakan pembekalan dan pelatihan sekaligus pengisian Renja (rencana kerja) perangkat daerah ke dalam aplikasi bagi aparatur perencanaan.

Agar menambah pengetahuan bagi aparatur perencanaan daerah, menambah kemampuan pengisian aplikasi Simda serta  meningkatkan kebersamanaan dan semangat kerja.

Dalam pelatihan ini, turut hadir Kepala Perwakilan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Jawa Tengah,Wasis Prabowo.

Dalam kesempatan ini, Wasis mengungkapkan pentingnya pengawasan prioritas pembangunan oleh BPKP.

Pengawasan dilaksanakan ini baik ditingkat lembaga, kabupaten, hingga provinsi. Selain itu, BPKP juga melaksanakan fungsi pengawasan tata kelola.

Baca Juga :  Selamat, 120 Kelompok Usaha di Karanganyar Dapat Gelontoran Bantuan Rp 20 Jutaan. Kadinas Pesan Jangan Disalahgunakan!

Bintek dibuka langsung oleh Bupati Karanganyar, Juliyatmono. Dalam kesempatannya, orang nomor satu di Kabupaten Karanganyar mengingatkan pentingnya RPJMD yang berkiblat pada muatan visi misi bupati dan wakil bupati, yakni “Berjuang Bersama Memajukan Karanganyar”.

Ada lima program unggulan dalam visi misi tersebut, yakni pembangunan infrastruktur menyeluruh, pemberdayaan perekonomian rakyat, pendidikan gratis SD/SMP dan kesehatan gratis.

Kemudian pembangunan desa sebagai pusat pertumbuhan, peningkatan kualitas keagamaan, sosial budaya, pemberdayaan perempuan, pemuda dan olahraga.

“Program-program ini akan dikerjakan oleh OPD, urusannya dengan OPD. OPD yang dipimpin para kepala, bertugas menerjemahkan lima program ini,” ujar Juliyatmono.

Bupati Karanganyar berharap, Karanganyar maju terus supaya rakyat sejahtera. Wardoyo