JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Sakjose Lur, Ini Solusi Permanen Atasi Permasalahan Kekeringan di Wonogiri. Segera Ada Potensi Air Bersih Minimal 300 Liter Perdetik

Progres pembangunan Waduk Pidekso Wonogiri. Foto : istimewa
ย ย ย 
Progres pembangunan Waduk Pidekso Wonogiri. Foto : istimewa

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM – Ini salah satu solusi permanen mengatasi permasalahan klasik kekeringan di wilayah Wonogiri selatan.

Dalam waktu tidak lama lagi Kabupaten ujung tenggara Jateng itu segera memiliki potensi air bersih dengan debit besar. Tidak tanggung-tanggung mencapai 300 liter air bersih perdetik.

“Kita memiliki potensi air bersih hingga 300 liter perdetik. Ini terjadi jika Waduk Pidekso di Kecamatan Giriwoyo telah selesai dibagun,” kata Bupati Wonogiri, Joko Sutopo, Rabu (5/8/2020).

Baca Juga :  Kearifan Lokal Gempa Bumi di Wonogiri, Keluar Rumah Kentongan dan Bedug Masih Lestari

Dia menyebutkan Pemkab Wonogiri didorong untuk berkontribusi dalam menyelesaikan pembangunan Waduk Pidekso. Setelah pembangunan waduk selesai pada 2021 mendatang, Wonogiri mempunyai potensi air bersih yang cukup besar. Air bersih tersebut digadang-gadang bisa mengatasi kekeringan di wilayah Wonogiri bagian selatan.

“Kecamatan Giriwoyo, Giritontro, Pracimantoro, dan Paranggupito bakal menikmati efek dari pembangunan waduk Pidekso,” sebut dia.

Baca Juga :  Kebakaran di POM Bensin Ngadirojo Wonogiri, 1 Sedan Honda Civic Ludes

Untuk penyaluran ke permukiman, menurut dia, instalasi Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) dialokasikan pemerintah pusat. Dengan seperti itu, kebutuhan air bersih untuk rumah tangga maupun industri bisa terpenuhi.

Selain air bersih, pembangunan waduk juga bermanfaat untuk lahan pertanian. Seluas 1.500 hektare lahan pertanian bakal menikmati saluran irigasi dari Waduk Pidekso. Aria

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com