JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Semarang

Satpol PP Kota Semarang Tingkatkan Pengawasan Kedisiplinan Protokol Kesehatan di Mall Tentrem

Kepala Satpol PP Kota Semarang Fajar Purwoto bersama General Manager Tentrem Mall Gustaf Riandory di kantor Satpol PP Kota Semarang. Istimewa

SEMARANG, JOGLOSEMARNEWS.COM — Peristiwa desak-desakan pengunjung di Mal Tentrem di Kota Semarang telah menuai polemik dan sempat viral di sosial media. Manajemen Tentrem Mal telah memenuhi panggilan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Semarang.

Pemanggilan tersebut untuk mengklarifikasi soal penerapan protokol kesehatan di Mal yang baru saja buka tersebut.
Dalam keterangannya, Kepala Satpol PP Kota Semarang Fajar Purwoto, menyampaikan bahwa standar protokol kesehatan di Hotel Tentrem memang sudah diterapkan.

“Sudah diterapkan (standar protokol kesehatan), namun belum maksimal. Seperti jaga jarak antar pengunjung, dan kerumunan yang sempat membuat heboh kemarin,” sambung dia.

Fajar pun juga meminta kepada pengelola Mall untuk lebih meningkatkan protokol kesehatan terhadap pengunjung. Hal itu bertujuan untuk mengurangi resiko penyebaran covid-19.

“Selama tiga hari kedepan ada anggota satpol yang berjaga disana (Tentrem Mall –red). Ini untuk memastikan ketertiban dan penerapan protokol kesehatan disana,” sambung dia.

Lebih detail, Fajar menguraikan, dalam waktu dekat juga akan dilakukan Swab Test, yakni dengan menggandeng Dinas Kesehatan Kota Semarang. Swab Test sendiri akan menyasar baik seluruh staff Tentrem Mall maupun para pengunjung.

“Nanti akan dikoordinasikan kapan dan dimana Swab Test dilakukan,” tambah Fajar.

Sementara itu, General Manager Tentrem Mall Gustaf Riandory saat dikonfirmasi wartawan mengemukakan, terkait dengan penerapan protokol kesehatan pihaknya sudah menerapkannya.

Baca Juga :  Makam Ki Mandung dan Cermin Kehidupan Toleransi

Sepertihalnya pendeteksi suhu tubuh, mewajibkan pengunjung mengenakan masker, dan fasilitas Hand Sanitizer yang diletakkan di setiap akses masuk mall.

Gustaf juga menjelaskan, pegangan eskalator di Tentrem Mall juga sudah dilengkapi dengan teknologi UV Sanitizer.

“Setiap pengunjung yang masuk dipastikan dalam kondisi suhu normal dan mengenakan masker. Penyemprotan disinfektan juga dilakukan setiap hari baik setelah mall tutup maupun sebelum mall buka di pagi hari,” terang dia.

“Kami juga menerapkan jaga jarak pada saat antrian dengan menerapkan garis antrian dengan jarak 120 cm setiap pengunjung. Petugas juga kami kerahkan untuk memberikan pengarahan kepada pengunjung,” terang dia.

Seperti diberitakan sebelumnya, peristiwa desak-desakan pengunjung di Mal Tentrem di Kota Semarang menuai polemik dan sempat viral di sosial media. Merespons hal tersebut Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo memberikan arahan.

Bahkan, Ganjar menekankan jika Mal Tentrem tidak siap tutup saja, kejadian tersebut akibat dari ketidaksiapan pemilik dalam pengelolaan mal.
“Mungkin yang belum siap adalah pengelolanya. Sudah membuat klarifikasi dan sudah menyiapkan,” terang Ganjar di kantor Gubernur Jawa Tengah pada Senin (24/8/2020).

Secara tegas, Ganjar menyampaikan lebih lanjut, pihaknya meminta kepada pemilik mal untuk memperbaiki hal itu.

Baca Juga :  Marak Aksi Balap Lari Liar, Ganjar: Tak Kei Lapangan Mlayuo Sing Banter Le

“Jika memang belum siap dalam pengelolaan mal di masa pandemi Saya minta agar mal ditutup dulu. Saya sudah bicara langsung dengan pemiliknya. Saya minta pengelolanya segera memperbaiki itu,” sambung Ganjar.

“Jadi, alat-alatnya sudah siap tapi mengelolanya yang nggak siap. Maka tidak siap mengatur antrean, tidak siap mengatur kapasitas, sehingga ‘suk-sukan’ (berdesak-desakan) gitu,” imbuh dia.

Ganjar Pranowo secara tegas meminta kepada pemilik mal untuk memperbaiki hal itu. Jika memang belum siap dalam pengelolaan mal di masa pandemi, Ganjar meminta agar mal ditutup dulu.

“Saya sudah bicara langsung dengan pemiliknya. Pemiliknya akan memperbaiki itu,” tegasnya.

Pengunggah tersebut juga menyematkan akun Ganjar Pranowo. Ganjar Pranowo sendiri sudah melihat video tersebut dan membalasnya.

Untuk diketahui, Mal Tentrem kembali viral dan menjadi perbincangan hangat di media sosial. Awalnya viral karena suguhan ikan hiu berenang di atap mal hasil citra Ceiling Videotron.

Tapi kali ini mal yang baru dibuka tanggal 13 Agustus 2020 itu kembali viral karena ratusan pengunjung berdesak-desakan tanpa memperhatikan physical distancing atau jaga jarak.

Kejadian itu viral setelah seseorang mengunggah video pendek di cuitan Twitter pada tanggal 23 Agustus 2020. Video tersebut diunggah oleh akun @Hamdie19 dengan menambahkan keterangan dengan kalimat sindiran. Satria Utama