JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Karanganyar

6,5 Tahun Dipenjara Ternyata Tak Membuat Kharisma Mantan Bupati Rina Iriani Memudar. Tamu Hilir Mudik Menyambangi, Teman-teman Sejawatnya Mengaku Sempat Menangis

Teman-teman guru saat berpose bersama Mantan Bupati Rina Iriani. Foto/Wardoyo
Teman-teman guru saat berpose bersama Mantan Bupati Rina Iriani. Foto/Wardoyo

KARANGANYAR, JOGLOSEMARNEWS.COM – Meski enam setengah tahun menjalani masa penahanan, kharisma mantan bupati Karanganyar, Rina Iriani, tak memudar.

Sejak menjalani pembebasan bersyarat atas kasus hukum yang menimpanya, mantan orang pertama di Karanganyar itu tak henti-hentinya menerima tamu.

Sebagian besar mereka yang mengunjungi mantan bupati Karanganyar selama dua periode tersebut, mulai dari mantan pejabat, para pejabat yang saat ini masih aktif, serta masyarakat umum.

Kali ini, Rina Iriani yang pernah menjadi guru Sekolah Dasar (SD) di Desa Gaum  tersebut, dikunjungi  para guru yang pernah menjadi rekan sejawatnya.

Para guru SMP dan SD tersebut, mengaku terharu saat bertemu Rina Iriani di kediamannya yang berada di Dusun Getas, Desa Jaten, Rabu (9/9/2020).

Baca Juga :  Sudah Bangkrut dan Jual Rumah, Suranto Warga Gedongan Colamadu Karanganyar Malah Terancam Penjara

Hidayati, guru SMP Negeri 1 Mojogedang, kepada sejumlah wartawan menyampaikan, jika Rina Iriani sangat berjasa terhadap para guru di Karanganyar. Saat menjadi bupati, ujarnya sangat banyak membantu para guru.

“Ketika Bu Rina mendapatkan musibah, kami menangis, kami tidak bisa berbuat apa-apa. Beliau adalah orang baik dan sangat perhatian. Selama menjalani proses hukum,  kami memang tidak pernah menjenguk. Bukan berarti kami melupakan, kami selalu berdoa untuk kebaikan beliau. Saat pertama kali bertemu, kami sangat terharu dan bahagia bu Rina bisa berkumpul kembali bersama keluarga dan masyarakat,” ujarnya.

Hal senada dikatakan Siti Chotijah, guru SDN 1 Suruh, Kecamatan Tasikmadu. Menurutnya, selama Rina menjadi bupati, perhatiannya terhadap para guru sangat tinggi.

Baca Juga :  Ziarah ke Giribangun, Pangdam IV Diponegoro Kalungkan Untaian Melati di Pusara Mantan Presiden Soeharto dan Ibu Tien. Ingatkan Apapun Perjalanan Hidupnya, Soeharto Dinilai Berjasa Besar untuk TNI

”Bagi kami beliau tetap menjadi ibu yang baik. Persoalan yag pernah dialami beliau,  itu adalah masa lalu. Sekarang beliau telah kembali ketengah masyarakat. Kita harus menerima kehadiran beliau dan harus menghormati sebagai orang yang pernah menjadi pemimpin di Karanganyar,” kata Siti.

Disisi lain, Rina iriani berpesan kepada seluruh guru di Karanganyar agar tetap menjadi guru yang baik dan menjadi teladan bagi anak didiknya.

“Terus terang saya terharu dengan kehadiran rekan-rekan guru. Saya juga adalah seorang guru sekolah dasar yang telah mengabdi puluhan tahun. Saya hanya berpesan, jadilah guru yang baik. Didik anak-anak dengan penuh kasih sayang,” kata Rina. Wardoyo