JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Bajo Sah Jadi Lawan Gibran-Teguh Dalam Pilwakot Solo 2020

Pasangan bakal calon wali kota dan wakil wali kota Solo dari jalur independen, Bagyo Wahyono-FX Supardjo (Bajo) mendaftarkan diri ke KPU Solo, Minggu (6/9/2020) pagi. Prihatsari
madu borneo
madu borneo
madu borneo

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM — Pasangan bakal calon wali kota Solo dan wakil wali kota Solo dari jalur perseorangan Bagyo Wahyono-FX Supardjo (Bajo) resmi menjadi lawan pasangan bakal calon wali kota dan wakil wali kota Solo dari PDIP, Gibran Rakabuming Raka-Teguh Prakosa. Kedua pasangan tersebut ditetapkan sebagai calon wali kota dan wakil wali kota Solo yang akan berkompetisi dalam Pilwakot Solo 2020.

Ketua KPU Solo, Nurul Sutarti mengatakan kedua pasangan calon (Paslon) tersebut ditetapkan melalui Rapat Pleno tentang Penetapan Pasangan Calon Peserta Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Solo 2020, Rabu (23/9/2020), di Kantor KPU Solo. Penetapan Paslon kali ini berbeda dengan penetapan Paslon sebelum-sebelumnya yang dilakukan secara terbuka. Namun demikian, Nurul menegaskan hal itu tidak menyalahi aturan karena sesuai dengan ketentuan dari KPU RI.

Baca Juga :  RSGM Soelastri UMS Terima Hibah Mobil Ambulan dari Bank Jateng Syariah

“Penetapan calon di seluruh Kantor KPU di Indonesia dilakukan dengan konsep yang sama. Ini sudah sesuai ketentuan KPU RI,” paparnya.

Nurul menambahkan, setelah ditetapkan sebagai Paslon, tahapan selanjutnya yang harus dilakukan oleh Paslon adalah memberikan laporan awal pembukaan rekening khusus kampanye. Laporan awal tersebut diserahkan paling lambat satu hari sebelum hari pertama kampanye dimulai.

“Kampanye hari pertama dijadwalkan mulai tanggal 26 September 2020. Jadi laporan awal terkait rekening khusus kampanye tersebut wajib diserahkan paling lambat tanggal 25 September 2020,” imbuhnya.

Baca Juga :  Apes, Hendak Bobol Salon Kecantikan, Dua Residivis Kepergok Warga. Sempat Sembunyi di WC, Akhirnya Babak-belur Dihajar Warga

Di sisi lain, KPU Solo akan menggelar pengundian nomor urut Paslon Kamis (24/9/2020), di Hotel The Sunan. Pengundian nomor urut akan menghadirkan dua Paslon terkait.

“Terkait dengan kegiatan kampanye, hari pertama akan kami gunakan untuk meneguhkan komitmen kampanye sehat dan tegakkan protokol kesehatan covid-19 dengan ketat. Selain meneguhkan kampanye sehat, juga mendeklarasikan kampanye damai, aman dan legowo bagi siapapun yang tidak menang,” papar Nurul. Prihatsari