JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Karanganyar

Cara Baru Bendung Maraknya Peredaran Narkoba di Karanganyar, Wabup Rober Kenalkan Wisata Touring Komunitas Motor Sambil Kampanye Antinarkoba

Wabup Rober Christanto bersama komunitas motor kampanye antinarkoba. Foto/Beni
madu borneo
madu borneo
madu borneo

KARANGANYAR, JOGLOSEMARNEWS.COM – Wakil Bupati Karanganyar Rober Crhistanto menelorkan formula baru antisipasi dini menjauhi bahaya Narkoba dengan motoran wisata.

Formula baru ini diyakini efektif karena peredaran narkoba itu liar masuk kesemua lini tanpa terbendung.

Adapun teknis formula baru tersebut adalah dengan menggiatkan masyarakat untuk membentuk komunitas begerak di bidang positip.

Salah satunya komunitas motor yang diisi oleh warga lokal terutama Karang Taruna suatu desa atau komunitas motor karang taruna gabungan antar desa.

Baca Juga :  Kabar Buruk, Dihantam Covid-19, Penerimaan APBD Karanganyar Tahun Depan Anjlok Rp 110 Miliar!

“Dengan dibentuk komunitas motor yang terdiri dari anggota karang taruna lalu diarahkan edukasi tentang bahaya narkoba” ujar Rober Christanto, Senin (21/9/2020).

Adapun untuk edukasi bahaya narkoba bisa menggandeng organisasi  Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan Peredararan Gelap Narkoba (P4GN) Kabupaten Karanganyar.

Setelah mendapat materi edukasi tentang narkoba, maka komunitas motor karang taruna selanjutnya membuat kalender touring wisata alam.

Foto/Beni

Wisata touring itulah digelar sambil menularkan ilmunya dari P4GN kepada masyarakat desa yang jadi tujuan wisata.

“Formula seperti ini kan model baru bagaimana berwisata sambil sosialisasikan narkoba,” kata Rober yang juga Ketua P4GN Karanganyar tersebut.

Baca Juga :  Waspada, Pandemi Covid-19 Jadi Waktu Emas Pelaku Peredaran Narkoba. Tawarkan Narkoba Pakai Media Ini, Tim P4GN Karanganyar Mulai Gerilya ke 177 Desa!

Perlu diketahui tingkat penyebaran narkoba di Soloraya termasuk Kabupaten Karanganyar relatif tinggi karena secara geografis berdekatan dengan Solo.

Untuk itu l, agar tidak jenuh sosialisasi narkoba harus makin masif namun dengan cara-cara yang tidak membikin bosan.

Diantaranya konsep merekrut generasi muda melalui komunitas yang terbuka, selanjutnya berjalan bersama menularkan ilmu cegah narkoba pada masyarakat. Beni Indra