JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Coaching Sarana Efektif Dongkrak Produktivitas BMT Center Kube Karanganyar

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM – Pandemi covid-19 berdampak terhadap penghimpunan dana dan pembiayaan usaha lembaga keuangan, tidak terkecuali BMT Center Kube Karanganyar yang bersentuhan langsung dengan sektor usaha mikro.

Berbagai upaya dilakukan agar kinerja dan produktivitas karyawan tetap terjaga. Salah satunya adalah dengan menyelenggarakan workshop pengenalan dan penerapan coaching, Sabtu (12/9/2020).

Kegiatan dilaksanakan di Kantor Pusat BMT Center Kube Karanganyar, menghadirkan narasumber Direktur Amalia Consulting, Suharno.

Workshop dibuka oleh Manajer BMT Center Kube Karanganyar, Hj. Marlina, SE, dalam sambutannya ia berharap kepada seluruh karyawan tidak menjadikan pandemi Covid-19 sebagai alasan turunnya kinerja dan produktivitas.

Baca Juga :  Pemuda Pancasila Solo Gelar Muscablub. Tujuh Orang Sudah Mendaftar Sebagai Calon Ketua Umum Gantikan almarhum Danang

“Pandemi Covid-19 bisa menjadi ancaman bila kita tidak siap menghadapi. Namun bisa menjadi peluang bila kita mampu memaksimalkan potensi diri kita masing-masing,” ungkapnya, sebagaimana sikutip dalam rilisnya ke Joglosemarnews.

Lebih lanjut, Marlina memaparkan, salah satu cara meningkatkan kinerja dan produktivitas SDM adalah dengan menerapkan coaching.

“Secara bertahap prinsip-prinsip coaching telah kita terapkan dan kita telah merasakan hasilnya. Hari ini kita ingin memantapkan dan memperdalam penerapan coaching dengan menghadirkan narasumber yang kompeten, ” tandasnya.

Narasumber workshop, Suharno, saat memfasilitasi kegiatan menyampaikan selama ini konsep dan penerapan coaching sering disalahpahami, sering disamakan dengan conseling dan mentoring.

Baca Juga :  4 Pasangan Mesum Digerebek Saat Ngamar di Hotel Krusek Laweyan Solo. Saat Diamankan Dalam Kondisi Begini!

Dengan lugas, Suharno menjelaskan perbedaan istilah-istilah tersebut disertai contoh penerapan.

“Apabila kita menerapkan coaching, maka suasana kerja akan menjadi lebih nyaman, karena hubungan antar karyawan dan pimpinan dijalin atas dasar kesetaraan dan kemitraan. Saling support untuk memunculkan ide-ide baru yang segar dan menggali potensi diri secara optimal, ” paparnya.

Lebih lanjut, Suharno, yang juga dosen akuntansi Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Surakarta ini, berharap agar coaching bisa menjadi bagian dari budaya kerja BMT Center Kube Karanganyar. suhamdani