JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Ditargetkan Resmi Desember, Partai Bentukan Amien Kemungkinan Dinamai PAN Reformasi

Amien Rais / tempo.co

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Partai Amanat Nasional (PAN) versi baru bentukan Amien Rais, ditargetkan bakal diresmikan pada Desember 2020 mendatang.

Hal itu dikatakan oleh loyalis Amien Rais, Agung Mozin. Dia mengatakan, kemungkinan partai baru bantukan mantan pendiri PAN tersebut akan dinamai dengan PAN Reformasi.

“Pak Amien sudah membuat pernyataan sebagai cicilan awal dari rencana besar kita. Rencananya Desember baru akan diresmikan, bisa maju atau bisa tetap Desember,” ujar Agung saat dihubungi Tempo, Sabtu (12/9/2020).

Agung mengatakan saat ini Amien masih persiapan konsolidasi. Sejumlah tokoh nasional, menurut dia, telah bertemu dengan Amien dan menyatakan dukungan pada rencana pembentukan partai tersebut, mulai dari kalangan politisi, jenderal, hingga kaum milenial.

Baca Juga :  Irfan Hakim Menjual Berapa Nama Hakim MA, Bikin Joko Tjandra Tergiur Menyuap

“Kita tak ingin setelah buat pernyataan deklarasi tapi malah hilang ditelan bumi,” kata Agung.

Agung mengatakan Amien Rais enggan menjadi Ketua Umum di PAN Reformasi yang dibentuknya. Menurut Amien, kata Agung, masih banyak figur lain yang berkompeten dan bisa memperjuangkan semangat yang dibangun di partai tersebut.

Amien Rais sebelumnya mengatakan rencana membentuk partai politik baru berangkat dari perkembangan kondisi bangsa dan negara akhir-akhir ini yang dinilainya berada di ambang krisis. Baik krisis sosial, politik, dan ekonomi yang kian memburuk menuju resesi bahkan bisa-bisa depresi.

Baca Juga :  Bawaslu Undang Partai-partai Untuk Bahas Protokol Covid-19

Di sisi lain, kata dia, kekuasaan rezim yang sedang memikul harapan rakyat tampak semakin jauh atau menjauhi nilai-nilai moral, etika, akhlak yang baik dan adil.

“Karena itulah saya dan beberapa sahabat saya dari berbagai kalangan telah bersepakat bulat segera mendeklarasikan sebuah partai baru,” kata Amien lewat siaran langsung Youtube Amien Rais Official, Kamis (10/9/2020) malam.

www.tempo.co