JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Semarang

Legislator Blora Lakukan Pengawasan Khusus Uji Coba Pembelajaran Tatap Muka

Anggota Komisi D DRPD Blora, Achlif Nugroho Widi Utomo, melaksanakan pemantauan pelaksanaan uji coba pembelajaran tatap muka di SMPN 2 Kedungtuban, Rabu, (16/9/2020). Istimewa
   

BLORA, JOGLOSEMARNEWS.COM — Pelaksanaan uji coba pembelajaran tatap muka di Kabupaten Blora mendapat perhatian khusus dari kalangan legislator setempat.

Anggota Komisi D DRPD Blora, Achlif Nugroho Widi Utomo, melaksanakan pemantauan pelaksanaan uji coba pembelajaran tatap muka di SMPN 2 Kedungtuban, Rabu, (16/9/2020).

Kedatangannya diterima oleh Kepala Sekolah SMPN 2 Kedungtuban Wiwik Sulistyowati,S.Pd,MA dan sejumlah guru di sekolah setempat.

“Kami pantau pelaksanaan kegiatan belajar mengajar tatap muka di SMPN 2 Kedungtuban yang di uji coba mulai Senin (14/9/2020) bersama beberapa sekolah lainnya,” ucapnya.

Menurut Achlif, setelah disepakati pembelajaran tatap muka di era new normal, nantinya diharapkan setelah evaluasi dapat berjalan dengan baik.

“Karena ini harapan orang tua, harapan siswa, mereka sudah jenuh belajar di rumah, itu yang pertama. Kedua, pembelajaran tatap muka ini lebih efektif. Karena saya juga mengalami waktu sekolah, ditunggui langsung oleh guru saja masih banyak mengalami kendala, apalagi jika tidak langsung,” terangnya.

Baca Juga :  Dua Santriwati Ponpes Manba'ul Alaa Korban Terseret Arus Banjir Grobogan Berhasil Ditemukan

Sehingga dirinya berharap, dengan protokol kesehatan yang baik, kegiatan pembelajaran tatap muka di kelas ini mudah-mudahan berjalan baik pula.

“Evaluasi kedepan, ini bisa dilaksanakan semua serentak se kabupaten Blora. Sehingga pendidikan di kabupaten Blora benar-benar kembali new normal,” ucapnya.

Kegiatan yang dilakukan itu untuk menjalankan fungsi pengawasan DPRD (Komisi D) terkait pendidikan, kesehatan dan kesejahteraan masyarakat di wilayah kabupaten Blora.

Kepala Sekolah SMPN 2 Kedungtuban Wiwik Sulistyowati,S.Pd,MA menjelaskan proses belajar mengajar tatap muka kali ini dilaksanakan tiap kelas seminggu dua kali.

“Jadi ke kebetulan SMPN 2 Kedungtuban ini menjadi salah satu pilot project. Kegiatan belajar mengajar tatap muka dilaksanakan tiap kelas seminggu dua kali. Satu hari ada tiga sesi tiap kelasnya,” terang Wiwik Sulistyowati.

Baca Juga :  Tragis! Saat Bangunkan Warga untuk Sahur, Remaja Semarang Ini Disabet Celurit Preman

Setelah satu sesi berlangsung, setelah siswa pulang, kata dia, ruag kelasnya disemprot disinfektan. Sedangkan sesi keduanya pindah kelas. Kemudian yang sesi tiga ke ruang yang telah disemprot disinfektan.

“Jadi ada pergantian kelas untuk kelas yang lain setelah disemprot disinfektan. Masing-masing kelas ada tiga sesi,” kata dia.

Seperti diketahui Pemkab Blora melalui Dinas Pendidikan mengizinkan enam sekolah melaksanakan pembelajaran tatap muka mulai Senin (14/9/2020). Yakni SMPN 2 Tunjungan, SMPN 2 Kedungtuban dan SMPN 1 Menden.

Kemudian, SDN 1 Nglebak Kecamatan Kradenan, SDN 1 Gandu Kecamatan Bogorejo dan SDN 1 Ledok Kecamatan Sambong. Setiap saat akan dipantau dan dievaluasi di lapangan bila ada kesalahan.

Meski berisiko tetapi juga penting. Dengan pembelajaran tatap muka dan mempedomani pembelajaran yang baik, diharapkan menjadi jalan yang baik dalam rangka kita tetap hidup di tengah pandemi Covid-19. Satria Utama

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com