JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Karanganyar

Siap-Siap Cek Rekening, Jumlah Pemohon Bantuan BPUM UMKM Tahap 2 di Karanganyar Tembus 30.000 Orang. Sebanyak 28.772 Berkas Sudah Diajukan ke Pusat!

Ilustrasi uang
Ilustrasi uang

KARANGANYAR, JOGLOSEMARNEWS.COM – Hingga hari Jumat (11/9/2020), Dinas Perindustrian, jumlah pendaftar bantuan pemerintan untuk pelaku usaha mikro (BPUM) tahap kedua di Karanganyar sudah mencapai 30.000 orang.

Dinas Perdagangan Tenaga Kerja UMKM Karanganyar menyatakan telah menerima 30.000 berkas yang diiajukan warga.

Dari 30.000 berkas yang diajukan tersebut, setelah dilakukan pengumpulan berkas, sebanyak 28.772 yang diajukan ke pemerintah pusat untuk ditindaklanjuti.

Kepala Bidang Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah, Dinas Perindustrian Perdagangan Tenaga Kerja UMKM, Adolfus Joce Bau, kepada sejumlah wartawan, menyampaikan, pemerintah akan melakukan verifikasi terhadap berkas yang diajukan oleh UMKM tersebut.

Baca Juga :  Tambah 1 Warga Meninggal, Total Kematian Covid-19 Karanganyar Total 65. Kasus Positif Covid-19 Tembus Angka 362

Pihaknya juga tidak mengetahui siap saja yang akan menerima bantuan modal sebesar Rp 2,4 juta dari pemerintah tersebut.

“ Kami hanya sebatas menerima dan mengumpulkan berkas. Siaa saja yang akan menerima, itu kewenangan pemerintah. Seluruh proses selanjutnya akan dilakukan oleh pemerintah pusat. Mulai dai verifikasi faktual serta penyaluran bantuan,” jelasnya, Jumat (11/9/2020).

Ditambahkannya, setelah dilakukan proses verifikas faktual, selanjutnya menunggu pemberitahuan dari perbankan masing-masing.

“Pemberian bantuan disalurkan melalui rekening masing-masing pemohon,” tandasnya.

Seperti diberitakan, pemerintah akan memberikan bantuan modal bagi UMKM sebesar Rp 2,4 juta. Berdasarkan surat Kemenkop dan UMKM 307/SN /VIII/2020 tanggal 4 Agustus 2020 perihal pendaftaran program UMKM mikro, salah sau persyaratan untuk dapat menerima bantuan ini memiliki tabungan dibawah Rp 2 juta, foto kopi KTP dan KK, bukti rekening atas nama pemohon, ijin usaha mikro serta foto tempat usaha.

Baca Juga :  Pengurus Muhammadiyah se-Surakarta Konsolidasi Penundaan Muktamar. Berharap Tidak Ada Penundaan Lagi

Tidak ada kuota bagi daerah manapun terhadap warga yang akan menerima bantuan modal ini.

Hanya secara nasional disediakan sebanyak 12 juta kuota. Jika secara nasional telah terpenuhi, maka pendaftaran langsung ditutup. Wardoyo