JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Tak Cuma Kewajiban Pemerintah, Bangkit di Masa Pandemi Juga Jadi Tanggungjawab Semua Elemen Diantaranya Dharma Wanita. Hal-hal Seperti Ini yang Bisa Dilakukan

Pengukuhan pengurus DWP Wonogiri secara virtual. Foto : DWP Wonogiri
Pengukuhan pengurus DWP Wonogiri secara virtual. Foto : DWP Wonogiri

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM – Bangkit melawan pandemi COVID-19 bukan hanya tugas pemerintah. Semua elemen masyarakat dari berbagai elemen juga memiliki tanggungjawab serupa.

Di antara elemen masyarakat itu adalah Dharma Wanita. Berangkat dari fakta itu, panasehat Darma Wanita Persatuan (DWP) Provinsi Jawa Tengah, Atikoh Ganjar Pranowo mendorong keberadaan DWP Kabupaten/Kota di Jawa Tengah bersinergi dengan pemerintah berpartisipasi aktif dalam penanganan COVID-19.

Lantas sebagai istri seorang ASN apa yang bisa dilakukan anggota DWP untuk masyarakat?. Menurut Atikoh, sangat banyak.

“Kita bisa melakukan kontribusi di masyarakat dengan banyak cara. Minimal di lingkungan terdekat dulu, tetangga. Sering-sering memperhatikan tetangga, adakah tetangga yang membutuhkan, tidak bisa makan? Ada tidak yang anaknya kesulitan bayar SPP? Apa ada yang terkena PHK?” ungkap Atikoh di sela pengukuhan kepengurusan DWP Kabupaten Wonogiri secara virtual, Rabu (2/9/2020).

Baca Juga :  Dari Layanan KB Gratis di Puskesmas Giriwoyo 1 dan 2 Wonogiri Sukses Jaring 32 Akseptor, ini Perinciannya

Atikoh mengajak ibu-ibu ini peduli dan menerapkan solidaritas sosial pada tetangga terlebih dahulu khususnya dan masyarakat pada umumnya. Selain membantu jika ada yang kesusahan dan kekurangan, coba bahu membahu dengan orang lain.

“Belanja di warung tetangga, atau kalau tidak misal ada teman yang baru mulai bisnis makanan, pesan saja ke dia. Hal ini kelihatannya sepele, tapi memberi manfaat untuk orang banyak. Saya minta, DWP Kabupaten/Kota menjadi teladan atas proses-proses tersebut. Rawat semangat gotong royong, bersama-sama kita hadapi dan atasi wabah corona, bangkitkan kembali ekonomi bangsa demi kesejahteraan kita semua,” terang dia.

Istri orang nomer satu di Jawa Tengah itu pun menitipkan pesan agar para anggota DWP jangan melirik rejeki orang lain. Yang penting tetap dukung suami agar selalu bekerja dengan baik dan ikhlas mengabdi untuk bangsa.

Baca Juga :  Balap Lari di Wonogiri Ternyata Tanpa Hadiah Maupun Taruhan, Diselenggarakan Ketika Lalu lintas Sepi dan Hanya Mengejar Sehat

Sementara, acara tersebut bertepatan dengan pengukuhuan 27 DWP Kabupaten/Kota se-Jawa Tengah serentak secara virtual melalui zoom meeting oleh Ketua DWP Provinsi Jawa Tengah, Toetik Herru Setiadhie. Pelaksanaan zoom meeting digelar dengan tetap menerapkan protokol kesehatan dengan memakai masker dan jaga jarak.

Acara zoom meeting di Kota Mete dilaksanakan di ruang Khayangan Kompleks Setda Wonogiri. Mitakhatul Arbanginah Haryono menjadi Ketua DWP Kabupaten Wonogiri masa bakti 2019-2024. Seusai pengukuhan, para pengurus DWP dilantik mendapat pelatihan mengaplikasikan zoom, google meet, skype, dan sejenisnya sebagai sarana manfaatkan teknologi untuk memperlancar aktivitas. Aria