JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Pendidikan

FSRD ISI Surakarta Gelar Pameran Karya Mahasiswa dalam Tajuk Prabangkara Awards 2020

Dok Humas FSRD ISI Surakarta
Madu Borneo
Madu Borneo
Madu Borneo

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM – Prabangkara Awards 2020 FSRD ISI Surakarta bekerja sama dengan Pemkab Banyuwungi Menggelar beragam lomba kreatif mulai dari 27 Oktober hingga 4 November 2020 di Balai Ekspresi Sungging Prabangkara, FSRD ISI Surakarta, Kampus Mojosongo.

Beberapa acara yang digelar antara lain webinar nasional, pameran karya mahasiawa serta beberapa acara pendukung lainnya.

Agus Heru Setiawan, S.Sn., M.A, selaku ketua pelaksana Prabangkara Awards 2020 menjelaskan, pameran tersebut menampilkan 40 karya terbaik mahasiswa FSRD ISI Surakarta.

Karya yang ditampilkan adalah hasil seleksi dan pemenang dari tiap program studi yang terdiri dari Juara 1, 2, 3, serta Harapan 1 dan 2 yang sebelumnya telah diseleksi dan dipilih dengan penjurian, sesuai dengan konsep kuratorial yang telah ditetapkan.

“Ini merupakan ruang implementasi pembelajaran dan ruang membangun apresiasi seni di kalangan masyarakat luas,” ujar Agus Heru, sebagaimana dikutip dalam rilis ke Joglosemarnews.

Baca Juga :  Pusdatin Kemdikbud RI Sidak SD Muhammadiyah 1 Ketelan dan Radio Solo Belajar

Agua mengatakan, karya yang ditampilkan meliputi karya dua dimensi, tiga dimensi, karya instalasi, desain purwarupa, fotografi, video dan ragam lainnya, yang dipilih mewakili 8 program studi di FSRD ISI Surakarta.

Karya tersebut menurut Agus Heru dapat dinikmati secara luring maupun daring. Dengan sistem luring, dilakukan dengan mempertimbangkan reservasi dan menerapkan protokol kesehatan serta jumlah pengunjung yang dibatasi.

Agus Heru mengatakan, pameran seni visual secara daring tersebut merupakan strategi kreatif dalam berpameran di masa pandemi covid-19.

“Sekaligus ini merupakan komitmen FSRD ISI Surakarta dalam melaksanakan protokol kesehatan,” ujarnya.

Gelaran acara tersebut dibuka secara luring dengan protokol kesehatan pada Selasa (27/10/2020) oleh Joko Budiwiyanto, S.Sn, M.A, Dekan FSRD ISI Surakarta, yang dihadiri tamu undangan internal kampus.

Baca Juga :  Bantuan Subsidi Upah untuk Guru dan Dosen Non-PNS: Ini Cara Cek Penerima dan Pencairan Bantuan Rp1,8 Juta

Sementara menurut Sie Humas, Basnendar H, pameran karya mahasiswa secara virtual itu dapat dilihat melalui website prabangkara-award.isi-ska.ac.id.

Karya yang ditampilkan mewakili delapan program studi di lingkup FSRD ISI Surakarta, yakni Prodi Seni Rupa Murni, Prodi Fotografi, Prodi Film dan Televisi, Prodi Kriya, Prodi Desain Interior, Prodi Desain Komunikasi Visual, Prodi D4 Desain Mode Batik dan Prodi D4 Keris dan Senjata Tradisional.

“Pameran ini akan menjawab sekaligus bukti atas raihan kompetensi yang sudah diperoleh mahasiswa selama proses perkuliahan,” ujarnya, sebagaimana dikutip dalam rilisnya ke Joglosemarnews.

Menurut Basnendar, pameran hasil karya mahasiswa FSRD ISI Surakarta dalam tajuk Prabangkara Awards tersebut telah menjadi event tahunan, dan bakal terus dilakukan secara rutin. suhamdani