JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Semarang

Jelang Cuti Bersama, Salatiga Perketat dan Maksimalkan Pengawasan Para Pemudik

Wali Kota Salatiga Yuliyanto saat memberikan pengarahan dalam operasi yustisi peningkatan kepatuhan disiplin protokol kesehatan di Kota Salatiga, belum lama ini. Istimewa
Madu Borneo
Madu Borneo
Madu Borneo

SALATIGA, JOGLOSEMARNEWS.COM — Pemerintah Kota Salatiga kembali akan mengulirkan kebijakan pengetatan terkait upaya memutus matai rantai penyebaran. Pengetatan yang dimaksud adanya potensi kehadiran para pemudik yang akan pulang ke Kota Salatiga pada liburan cuti bersama pekan depan.

Saat ini, Wali Kota Salatiga Yuliyanto segera mengintensifkan Gugus Tugas tingkat RW dan RT untuk pengawasan para pemudik dari luar kota. Hal tersebut dilakukan sebagai langkah pencegahan penyebaran covid-19 di Salatiga.

“Penyebaran dan kasus Covid-19 di Salatiga saat ini teelihat ada peningkatan. Kita semua berharap tidak ada penambahan pasien Covid-19 yang terpapar dari para pemudik,” terang Yuliyanto, Kamis (22/10), kemarin.

Baca Juga :  Sehari, 2 Warga Kebumen Tewas di Tangan Ganasnya Setrum Listrik. Begini Kronologisnya!

Yuliyanto juga menambahkan, pihaknya akan terus berkoordinasi dengan sejumlah pihak seperti pemangku wilayah dari kecamatan dan kelurahan, sejumlah Dinas, serta gabungan dari TNI dan Polri. Pemudik dari luar kota yang akan ke Kota Salatiga diharuskan membawa surat keterangan sehat atau surat rapid test.

Ia juga menambahkan, ada atau tidak adanya petugas yang mengawasi, para pedagang dan pembeli di pasar Kota Salatiga diharapkan untuk selalu melaksanakan protokol kesehatan seperti menjaga menjaga jarak individu (physical distancing), rajin mencuci tangan menggunakan sabun di air mengalir dan selalu mengenakan masker.

Baca Juga :  Berikut Daftar Lengkap UMK 35 Kabupaten/Kota se-Jawa Tengah Tahun 2021. Semarang Jawara, Sragen Terendah Ketiga, Wonogiri Kedua dari Bawah

“Ada atau tidak ada petugas, saya berharap agar para pedagang, pembeli dan semuanya untuk selalu melaksanakan protokol kesehatan. Jaga jarak, rajin cuci tangan dan pakai masker serta pelindung wajah (face shield),” terang dia.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Salatiga Siti Zuraida mengimbau masyarakat untuk terus menerapkan protokol kesehatan, seperti memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak. Risiko penyebaran akan semakin besar saat bertemu orang dari berbagai daerah.

“Tetap gunakan masker, cuci tangan dengan sabun di air mengalir, dan jaga jarak serta hindari kerumunan,” pungkas dia. Satria Utama