JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Jika Sampai Minggu 1 November Data Ini Belum Lengkap, Peserta BPJS Kesehatan Dibekukan Sementara

Ilustrasi/tempo.co

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM  – Peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) yang sampai dengan Minggu (1/11/2020) datanya belum lengkap, bakal dinonaktifkan untuk sementara waktu. 

Pasalnya, pihak Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS Kesehatan) akan melakukan pemeriksaan kelengkapan data dari para peserta JKN-KIS.

Hal itu dikatakan oleh Kepala Humas BPJS Kesehatan, M. Iqbal Anas Ma’ruf. Dia menjelaskan, pemeriksaan itu akan dilakukan kepada segmen peserta Pekerja Penerima Upah Penyelenggara Negara (PPU PN) yang tidak memiliki kelengkapan data Nomor Induk Kependudukan (NIK). Badan itu pun akan melakukan Program Registrasi Ulang (GILANG). 

Baca Juga :  Viral Video 46 Detik, Oknum Polisi di Bogor Diduga Berbuat Tak Senonoh dengan Pemandu Lagu di Ruang Dinas

“Bagi peserta JKN-KIS PPU PN yang datanya belum terisi NIK, status kepesertaannya akan dinonaktifkan sementara, pada saat dicek status kepesertaannya mulai tanggal 1 November 2020 akan muncul notifikasi untuk melakukan registrasi ulang,” ujar Iqbal dalam keterangan resmi, Jumat (30/10/2020).

Menurutnya, peserta PPU PN dapat mengecek status kepesertaan sebelum melakukan registrasi ulang melalui sejumlah layanan, yakni Aplikasi Mobile JKN, layanan informasi melalui Whatsapp (CHIKA) di nomor 08118750400, BPJS Kesehatan Care Center 1500 400, petugas BPJS SATU! di rumah sakit, atau melalui Aplikasi JAGA KPK .

Baca Juga :  Cari Puluhan Korban Gempa Cianjur, Basarnas Kerahkan 11 Anjing SAR

Para peserta dapat melakukan pembaruan data NIK dengan cara menghubungi kantor cabang melalui layanan administrasi dengan WhatsApp (Pandawa) menu pengaktifan kembali kartu, petugas BPJS SATU! di rumah sakit, atau melalui BPJS Kesehatan Care Center 1500 400. Peserta cukup menyiapkan foto Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau Kartu Keluarga (KK) dan kartu peserta KIS.

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua
  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com