JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Jubir Ma’ruf Amin: Vaksin Covid-19 Tak Halal Boleh Digunakan Asal dalam Kondisi Darurat

Masduki Baidlowi / tempo.co
madu borneo
madu borneo
madu borneo

Masduki Baidlowi / tempo.co

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Status kehalalan vaksin tidak akan menghambat proses pengadaan vaksin Covid-19. Bahkan, vaksin yang tidak halal pun, sebenarnya boleh digunakan, dengan vatatan, dalam keadaan darurat.

Hal itu ditegaskan oleh Juru Bicara Wakil Presiden Ma’ruf Amin, Masduki Baidlowi. Dia mengatakan, vaksin tak halal masih dapat tetap digunakan.

Hal tersebut diungkapkan usai Ma’ruf menerima laporan dari Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan, Jumat (2/10/2020).

“Jadi Wapres menjelaskan dua hal, vaksin itu kalau halal ya bagus, tidak ada problem, tapi kalau misalnya tidak halal tidak masalah. Karena itu dalam kondisi darurat sehingga tidak masalah dipakai,” ujar Masduki dalam keterangan tertulis, Jumat (2/10/2020).

Baca Juga :  806 Demonstran Omnibus Law Ditangkap Polisi, 155 di Antaanya Siswa SD

Untuk itu, Masduki menegaskan kembali pernyataan Ma’ruf bahwa masalah kehalalan tidak akan menjadi hambatan pengadaan Vaksin Covid-19.

Jika belum halal, ada jalan keluar keagamaan. Vaksin dapat digunakan dalam status keadaan darurat.

Masduki juga mengatakan akan meminta kepada Majelis Ulama Indonesia (MUI) untuk ikut dalam tim kunjungan pemerintah Indonesia ke Beijing, Cina untuk memperoleh vaksin itu. Sehingga prosesnya akan diverifikasi dari awal.

“Jadi MUI akan melibatkan Tim Fatwa dan Tim Lembaga Pengkajian Pangan Obat-obatan dan Kosmetik MUI (LPPOM). Dan ini yang akan memverifikasi apakah halal atau tidak halal. Tetapi itu tidak akan menjadi hambatan apa-apa, karena kalau halal alhamdulillah karena prosesnya akan begitu saja tidak ada problem apa-apa. Tapi kalau misalnya tidak halalpun tidak masalah karena (masuk kaidah) darurat. Sehingga diperbolehkan,” kata Masduki.

Baca Juga :  Pollycarpus Meninggal, Kasum: Pengungkapan Misteri Kematian Munir Tak Boleh Berhenti

Oleh sebab itu, Masduki meminta jangan ada anggapan bahwa kehalalan vaksin akan menghambat proses pengadaan Vaksin Covid-19.

“Itu sama sekali tidak akan menghambat. Karena apa? Sekali lagi saya tegaskan kalau tidak halal itu juga darurat tidak masalah,” kata Masduki.

Masduki mengatakan dalam laporan Luhut ke Ma’ruf, juga dijelaskan kesiapan proses vaksinasi agar tepat waktu dan tepat sasaran, serta kondisi penanganan pandemi Covid-19 yang semakin baik. Adapun hal ini disampaikan oleh Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto.

www.tempo.co