JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Magelang

Kecelakaan Maut Bus Pariwisata di Jalur Dieng-Wonosobo, 4 Orang Tewas Belasan Luka

Proses evakuasi bus pariwisata Kurnia Jati Mandiri Gembira (KJM Putra) dengan nomor polisi K-1446-BL yang mengalami kecelakaan di jalur Dieng-Wonosobo. Lokasi kecelakaan tepatnya Desa Kuripan, Garung, Kabupaten Kabupaten Wonosobo pada Rabu (30/9/2020) sore. Istimewa
madu borneo
madu borneo
madu borneo

WONOSOBO, JOGLOSEMARNEWS.COM — Peristiwa kecelakaan tragis hingga menewaskan empat korban dan belasan korban luka terjadi di jalur Dieng-Wonosobo. Lokasi kecelakaan tepatnya Desa Kuripan, Garung, Kabupaten Kabupaten Wonosobo pada Rabu (30/9/2020) sore.

Mikrobus tersebut masuk ke sebuah parit di pinggir Jalan Raya Kuripan Garung, Kabupaten Wonosobo. Data yang berhasil dihimpun, mikrobus pariwisata yang mengalami kecelakaan, yakni Kurnia Jati Mandiri Gembira (KJM Putra) dengan nomor polisi K-1446-BL. Mikrobus berwarna hijau muda tersebut melaju di jalan menurun dari arah Kejajar menuju Wonosobo diduga kuat mengalami rem blong.

Empat korban meninggal dunia, yakni Sri Dewi Rejeki (34) warga Parakan Wetan, Temanggung; Zaenal Abidin (44) yang sopir bus wisata warga Bangsri Jepara; Pujiyanto (30) warga Kejajar Wonosobo; dan Saranta (61) warga Watumalang Wonosobo. Selain korban meninggal ada 15 korban luka-luka yang menjalani perawatan di RSUD Wonosobo dan Puskesmas Kejajar.

Baca Juga :  Banyumas Mulai Longgarkan Pembatasan Setelah Kasus Covid-19 Tunjukkan Penurunan

Kapolres Wonosobo AKBP Fankky Ani Sugiharto mengatakan kecelakaan yang melibatkan 7 kendaraan tersebut terjadi sekitar pukul 15.30 WIB. Bus wisata tersebut membawa 31 penumpang rombongan reuni SMA Bhakti Praja Jepara.

Fankky menuturkan bus wisata dengan nomor polisi K-1446-BL melaju dari arah Kejajar menuju arah Garung.

“Diduga bus rem tidak berfungsi mulai dari Desa Buntu kemudian melaju tidak terkendali berturut-turut membentur sepeda R-3158-HV, Honda Jazz AB-1844-SD, dan membentur lagi sepeda motor Honda Megapro KH-2104-FG,” terang Kapolres.

“Bus wisata tetap melaju hingga Desa Kuripan membentur Sepeda motor Honda CBR R-6378-PG kemudian membentur mikro bus AA-1417-BF selanjutnya membentur sepeda motor Yamaha Mio AA-6831-LP hingga kedua kendaraan dan sepeda motor itu berhenti setelah masuk ke parit,” sambung dia.

Baca Juga :  Elemen Masyarakat Temanggung Gelar Deklarasi Anti Unjuk Rasa Anarkis

Kasat Lantas Polres Wonosobo, AKP Harman R Sitorus menambahkan, diduga mengalami rem blong mengakibatkan laju bus pariwisata tidak terkendali di sepanjang jalan yang menurun. Bus tersebut melaju dengan kecepatan tinggi tanpa bisa dikendalikan sehingga menabrak sepeda motor dan mobil dari arah berlawanan.

“Iya, diduga kuat alami tidak berfungsi dengan normal atau rem blong. Laju dengan kecepatan tinggi dan tidak terkendali menabrak sepeda motor matic Nopol R-3158-HV, lalu kembali menabrak mobil Honda Jazz Nopol AB-1844-SD. Setelah itu, menumbruk lagi sepeda motor Honda Megapro Nopol KH-2104-FG dan sepeda motor Honda CBR Nopol R-6378-PG,” terang AKP Harman.

“Mikrobus baru berhenti setelah masuk parit. Saat itu lokasi kejadian di jalur wisata menuju Dieng sempat macet total. Aparat keamanan dan warga setempat langsung melakukan evakuasi terhadap para korban,” imbuh dia. F Lusi|Satria Utama