JOGLOSEMARNEWS.COM Nasional Jogja

Survei: 29,6 Persen Masyarakat DIY Tak Peduli Terhadap Covid-19

Ilustrasi kenaikan covid-19. pixabay
madu borneo
madu borneo
madu borneo

YOGYAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Sebanyak 29,6 persen masyarakat di DIY tak peduli atau tidak merasa rentan lagi terhadap Covid-19. Setidaknya, mereka menganggap.Covid-19 bukanlah ancaman bagi mereka.

Demikian hasil kajian melalui dua kali telesurvei yang dilakukan Dinas Kesehatan (Dinkes) DIY.

Hal tersebut dikemukakan oleh Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinkes DIY, Endang Pamungkasiwi saat membuka pertemuan daring Penggalangan Jejaring Kemitraan Corporate Social Responsibility (CSR) Bidang Kesehatan, Kamis (15/10/2020).

Baca Juga :  Sempat Jadi Driver Ojol Untuk Menyambung Hidup, Kini Ryan Sukses Jadi Dosen UGM

“Hasil telesurvei periode Juni dengan periode Agustus memperlihatkan terjadi penurunan kepatuhan masyarakat di DIY,” lanjut Endang.

Terpisah, Kepala Dinas Kesehatan DIY, drg Pembajun Setyaningastutie pun memberikan penjelasan mengenai temuan survei tersebut.

“Angka 29,6 persen diperoleh dari hasil telesurvei dengan 1.488 responden penduduk DIY pada periode Juli-Agustus. Sebanyak 29,6 persen dari responden menyatakan tidak merasa rentan atau menganggap biasa terhadap ancaman Covid-19,” ungkapnya kepada Tribunjogja.com, Jumat (16/10/2020).

Baca Juga :  Doxing Terhadap Mahasiswa UGM Penolak UU Cipta Kerja Dikecam

Lebih lanjut, kata Pembajun, angka 29,6 persen dari survei menunjukkan representasi dari penduduk DIY yang menganggap biasa ancaman Covid-19 masih cukup tinggi.

Adapun menurutnya, berdasarkan survei tersebut kelompok tertinggi yang menganggap Covid-19 bukan ancaman adalah dari kelompok umur di bawah 20 tahun.

“Kelompok tertinggi yang menganggap Covid-19 bukan ancaman adalah dari kelompok umur di bawah 20 tahun,” ucapnya. 

www.tempo.co