JOGLOSEMARNEWS.COM Netizen

Viral Foto Rombongan Pria China Berseragam Krem di Bandara Soekarno-Hatta, Disebut Mirip Tentara Asing. Ini Penjelasan Imigrasi: Bukan Tentara

Suasana di Bandara Soekarno Hatta. Foto Ilustrasi. Foto: dok/twitter
   

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM Sebuah foto yang menampilkan rombongan pria berseragam menjadi viral di media sosial Twitter. Dalam narasinya, pengunggah foto menyebut rombongan tersebut sebagai tentara.

“Apa komentar menteri pertahanan, panglima TNI, para anggota DPR RI, bahkan presiden. Tentang fenomena kedatangan besar-besaran tentara berseragam ini di bandara Soekarno-Hatta,” tulis pemilik akun @BerisikEmak.

Dalam foto tersebut, tampak rombongan pria mengenakan pakaian serba coklat dan membawa tas ransel. Mereka tampak mengantre sambil membawa koper masing-masing.

Menanggapi foto tersebut, Kepala Imigrasi Bandara Soekarno-Hatta, Romi Yudianto dengan tegas membantah bahwa rombongan penumpang yang terlihat dalam foto adalah tentara. “Bukan tentara,” ujarnya saat dihubungi Tempo, Sabtu (3/10/2020).

Romi menjelaskan, rombongan penumpang dalam foto tersebut berada di terminal keberangkatan, bukan kedatangan seperti yang dinarasikan oleh pengunggah foto. Namun ia membenarkan jika rombongan tersebut merupakan warga negara asing asal China.

Selain itu, Romi mengoreksi bahwa seragam yang dikenakan bukanlah seragam tentara, melainkan baju pekerja pabrik. “Dari seragamnya adalah wearpack two piece, tampaknya pekerja pabrik,” ujar Romi.

Hanya saja Romi tidak menjelaskan secara detail dari mana dan bekerja di mana rombongan asal China itu. Dia juga tidak menyebutkan kapan jadwal keberangkatan warga China dalam foto di Bandara Soekarno-Hatta.

Namun Romi menegaskan jika rombongan tersebut bukanlah tentara seperti yang dinarasikan oleh pengunggah foto. Hal tersebut, kata Romi, telah dikonfirmasi ke pengelola Bandara Soekarno-Hatta bahwa mereka adalah penumpang biasa yang hendak terbang ke luar negeri. “Jadi berita tersebut (tentara China) bisa dikatakan hoaks,” tukas Romi.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com