JOGLOSEMARNEWS.COM Nasional Jogja

BPBD Yogyakarta Andalkan Pos Ngentak untuk Antisipasi Bencana Banjir Akibat Curah Hujan yang Mulai Meninggi

Ilustrasi hujan petir. Foto: pexels.com
   

YOGYAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta mulai mewaspadai intensitas hujan yang mulai meninggi dalam beberapa hari di wilayah Yogyakarta dan sekitarnya.

Untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya bahaya banjir, maka sebuah pos yang berlokasi di Ngentak, Sinduharjo, Sleman, dijadikan ujung tombak untuk mengantisipasi potensi bahaya akibat curah hujan yang tinggi.

Kasi Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Yogyakarta, Bayu Wijayanto, mengatakan bahwa pihaknya memang mempunyai satu pos di Ngentak, untuk memantau debit air dari atas.

Baca Juga :  Gempa M 5.0 di Gunungkidul, Getarannya Sampai Wonogiri, Trenggalek dan Pacitan

“Sehingga, jika ada banjir lewat Sungai Boyong, warga Kota bisa mempersiapkan diri,” ujarnya, Minggu (29/11/2020).

Menurut Bayu, ketika intensitas hujan meninggi seperti saat ini, warga yang tinggal di kawasan rawan banjir pun diminta terus mengupdate informasi terkini, mengenai kondisi dan potensi bencana yang sewaktu-waktu bisa terjadi.

“Warga kota bisa mengerti intensitas air yang melewati Sungai Code melalui frekuensi BPBD Kota Yogyakarta. Jika membahayakan BPBD memiliki EWS (Early Warning System) banjir sebanyak 15 buah di 3 sungai,” terangnya.

Baca Juga :  Terlibat Keributan Antarkelompok di Yogya, Polisi Amankan Seorang Pemuda Berikut Gesper Besi

Bayu memastikan, jika banjir benar-benar terjadi, petugas yang memantau pos di Ngentak pun akan memberi sinyal kepada warga.

Dengan begitu, masyarakat pun dapat mempersiapkan diri sebelum musibah datang.

“Warga mendapatkan peringatan dini saat ada aliran lahar dingin, atau banjir yang akan tiba di Kota ya, kurang lebih setengah jam dari pantauan Pos BPBD di Ngentak,” pungkasnya.

www.tribunnews.com

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com