JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Detik-detik Jelang Kepulangan Rizieq Shihab, Ruas Jalan Menuju Bandara Soekarno-Hatta Nyaris Lumpuh. Massa Penjemput Penuhi Akses Masuk

Pemimpin Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab. Foto: TEMPO/Subekti via Tempo.co
Madu Borneo
Madu Borneo
Madu Borneo

TANGERANG, JOGLOSEMARNEWS.COM Menjelang kepulangan pemimpin Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab, ribuan massa pendukung yang hendak menyambut memenuhi ruas jalan menuju Bandara Soekarno-Hatta hingga menyebabkan akses masuk menuju bandara nyaris lumpuh.

Wakasatlantas Polres Kota Bandara Soekarno-Hatta Ajun Komisaris Tugiyo mengatakan, massa pendukung Rizieq Shihab juga mencoba menerobos masuk ke area bandara sejak Senin (9/11/2020) malam, baik dari arah Tangerang maupun Jakarta.

Akses jalan dari arah Jakarta atau tol Bandara, arus kendaraan sudah mulai tersendat dan antre panjang. Antrean ini disebabkan oleh banyaknya kendaraan pendukung Rizieq yang diparkir di bahu jalan tol bandara. Massa pendukung kemudian berjalan memenuhi jalan P2 Bandara, akses utama menuju Terminal 1,2 dan 3.

Baca Juga :  Ada 16 Orang Bersama Edhy Prabowo yang Ditangkap KPK

“Kalau lumpuh sih tidak, tapi kendaraan bergerak pelan sekali karena semua akses hampir ditutup. Kondisi terakhir antrean sudah terjadi dari tol bandara hingga Cengkareng, sekitar 2 kilometer,” ujar Tugiyo, dikutip Tempo.co, Selasa (10/11/2020) pagi.

Banyaknya massa pendukung ini membuat arus kendaraan tersumbat. Untuk masuk ke bandara sangat sulit karena akses dipenuhi massa. Akses jalan satu-satunya yang bisa digunakan adalah jalur alternatif yaitu jalan P1 yang dibuat contraflow. “Itupun sulit diterobos kendaraan karena tertutup massa yang jalan kaki,” tambah Tugiyo.

Baca Juga :  Munculkan Kerumunan di Tengah Pandemi, Pakar Hukum Habib Rizieq Shihab Tak Bisa Dikenai Sanksi Pidana, Ini Yang Bisa Dilakukan

Adapun akses dari arah Tangerang yaitu TOD M1, Jalan Perimeter Selatan dan Perimeter Utara ditutup sejak Senin malam.

Seperti diketahui, Rizieq Shihab dijadwalkan mendarat di terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta pada Selasa (10/11/2020) pagi sekitar pukul 09.00 WIB. Rizieq Shihab bersama keluarga akan tiba menggunakan pesawat Saudia Airlines dengan nomor penerbangan SV-816.

Rizieq Shihab pulang ke Indonesia setelah sekitar tiga tahun berada di Arab Saudi. Ia awalnya berangkat untuk menjalankan ibadah umrah pada tahun 2017, namun kemudian tersandung berbagai kasus, mulai dari overstay hingga dugaan pencekalan.

www.tempo.co