JOGLOSEMARNEWS.COM Nasional Jogja

DIY Belum Putuskan Kapan Akan Mulai Sekolah Tatap Muka

Ilustrasi belajar online. Foto: pixabay.com

YOGYAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM — Pemerintah Daerah (Pemda) DIY belum memutuskan kapan akan memulai pembelajaran tatap muka di saat pandemi Covid-19. Sampai saat ini, kegiatan belajar mengajar masih dilakukan secara daring, walaupun ada sekolah yang sudah mulai tatap muka secara terbatas.

Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) DIY, Didik Wardaya mengatakan, pihaknya masih harus berkoordinasi dengan pihak terkait. Koordinasi rencananya akan dilakukan dalam waktu dekat.

“DIY belum memutuskan, kita baru pekan depan koordinasi dengan instansi terkait lainnya. Seperti dinas kesehatan, gugus tugas, BPBD, dinas pendidikan kabupaten/kota dan lain-lain,” kata Didik kepada Republika melalui pesan tertulisnya, Minggu (22/11/2020).

Baca Juga :  Terdesak Magma dari Dalam, Puncak Merapi Mekar Sebesar 4 Meter

Pihaknya juga memastikan kesiapan sekolah dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran secara tatap muka. Baik itu memastikan terlaksananya protokol kesehatan pencegahan Covid-19 dengan ketat hingga sarana dan prasarana penunjang sekolah tatap muka.”Yang pasti mematangkan dulu kesiapan masing-masing sekolah,” ujar Didik.

Seperti diketahui, pemerintah sudah tidak menggunakan peta zona risiko Covid-19 dalam menentukan pemberian izin pembelajaran tatap muka. Mulai Januari 2021, sekolah-sekolah di zona merah pun bisa menggelar pembelajaran tatap muka, asalkan memenuhi persyaratan dan mendapatkan izin dari pemerintah daerah (pemda).

Baca Juga :  Muhammadiyah Tanggapi Video Viral Azan Diselipkan Ajakan Jihad

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim mengatakan, pemerintah pusat memberikan kewenangan penuh kepada pemda dalam menentukan izin pembelajaran tatap muka ini. Kebijakan tersebut tercantum dalam Surat Keputusan Bersama (SKB) Empat Menteri tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran Tahun Ajaran 2020/2021 di Masa Pandemi Covid-19.

www.republika.co.id