JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Kabar Buruk, Ujian Nasional dan Ujian Umum 2020/2021 di Sragen Resmi Ditiadakan. Kadinas Sebut UN Diganti AKM, Standarnya Masih Menunggu Petunjuk!

Suwardi. Foto/Wardoyo
Madu Borneo
Madu Borneo
Madu Borneo

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM – Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Sragen, Suwardi mengatakan ujian nasional (UN) tahun akademik 2020/2021 bakal ditiadakan.

Hal itu terungkap dalam rapat koordinasi dengan kementerian yang digelar secara daring hari ini, Senin (16/11/2020). Dalam rapat via zoom itu, salah satunya membahas perihal peniadaan UN tahun ajaran ini.

“Tadi salah satunya menyampaikan bahwa UN tahun ini ditiadakan. Itu keputusan kementerian dan berlaku secara nasional. Jadi UN dan ujian umum sudah tidak ada lagi tahun ini,” paparnya kepada JOGLOSEMARNEWS.COM , seusai rapat.

Baca Juga :  Pulang Kondangan Hajatan dari Jakarta, Satu Keluarga Besar di Plupuh Sragen Positif Terpapar Covid-19. Mulai dari Kakek, Anak, Menantu Hingga Semua Cucu Dibedol Untuk Isolasi, Warga Sempat Ketakutan

Suwardi menguraikan sebagai penggantinya, ujian nantinya akan diganti dengan assesment kompetensi minimal (AKM). Standar soal atau materi ujiannya diperkirakan diserahkan kepada sekolah.

Meski demikian, ia menyampaikan masih menunggu petunjuk lebih lanjut perihal standar dan bagaimana teknis penyusunan AKM itu.

Selain itu, juga dibahas perihal survei karakter sebagai salah satu poin penilaian akhir di sekolah.

Baca Juga :  Kabar Baik, Sragen Siap Geber Sekolah Tatap Muka Mulai Awal Januari 2021. Kadisdik Sebut Berlaku Mulai PAUD Hingga SD Dulu, Orangtua Sambut Baik Tapi...

Penilaian survei karakter itu akan diterapkan jangka panjang dan semua hasil penilaian nantinya akan dimasukkan ke data pokok pendidikan (dapodik).

“Dan rencananya assesment nanti bukan di kelas akhir tapi di kelas 2. Tapi sekali lagi, kami masih menunggu petunjuk lebih lanjut dari pusat. Termasuk apakah kebijakan penghapusan UN ini hanya pada masa pandemi atau seterusnya, kami juga belum tahu,” tandasnya. Wardoyo