JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Ma’ruf Amin Jadi Dewan Pertimbangan MUI 2020-2025, Din Syamsudin: Rangkap Jabatan Rentan Terkontaminasi Politik

Wakil Presiden Ma'ruf Amin. Foto: Asdep Komunikasi dan Informasi Publik (KIP) Setwapres
   

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Melalui rapat tertutup  pada Jumat (27/11/2020) dini hari, Ma’ruf Amin akhirnya terpilih menjadi Ketua Dewan Pertimbangan MUI periode 2020-2025.

Pemilihan tersebut dilakukan oleh 17 tim formatur di Hotel Sultan, Jakarta.

“Suasananya sangat cair, tidak alot, sehingga alhamdulillah pertemuan menghasilkan keputusan Dewan Pengurus Harian dan Dewan Pertimbangan. Hasilnya tidak boleh diganggu gugat,” kata Ma’ruf selaku ketua tim formatur Munas X MUI, lewat keterangan tertulis pada Jumat (27/11/2020).

Di Wantim, Ma’ruf memboyong beberapa pengurus harian MUI periode 2015-2020. Dua Wakil Ketua Umum MUI periode 2015-2020 yaitu Zainut Tauhid Sa’adi dan Muhyiddin Junaidi menjadi Wakil Ketua Dewan Pertimbangan 2020-2025.

Baca Juga :  Dituduh Catut Nama Dosen Malaysia, Ini Bantahan Dekan UNAS

Selain dua orang tersebut, Ma’ruf juga membawa dua pimpinan harian MUI periode 2015-2020 lain ke Wantim sebagai Wakil Sekretaris.

Mereka adalah Maman Abdurrahman yang sebelumnya Ketua Bidang Penelitian dan Kajian serta Zaitun Rasmin yang sebelumnya Wakil Sekretaris MUI bidang ukhuwah Islamiah dan hubungan luar negeri.

Baca Juga :  Demi Ungkap Pelanggaran Pilpres 2024, Masyarakat Sipil Desak Pengadilan Rakyat

Ketua Dewan Pertimbangan MUI 2015-2020, Din Syamsuddin sebelumnya menyarankan pemangku amanat di MUI, baik Dewan Pimpinan maupun Dewan Pertimbangan, jangan merangkap jabatan politik di eksekutif, legislatif, dan partai politik.

“Perangkapan jabatan demikian akan membawa MUI mudah terkooptasi dan terkontaminasi kepentingan politik yang acapkali tidak sejalan dengan kepentingan umat Islam,” ujar Din yang merupakan Ketua Umum MUI 2014-2015 itu.

Nyatanya, Ketua Dewan Pertimbangan MUI adalah Wakil Presiden RI. Sementara wakilnya adalah Wakil Menteri Agama RI.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com